HOME » BERITA » MOTOR 'LIMBUNG' AKIBATKAN KEMATIAN UJE

Motor 'Limbung' Akibatkan Kematian Uje

Jum'at, 26 April 2013 11:05



Motor 'Limbung' Akibatkan Kematian Uje
Motor Uje dan Prosesi Pemakaman (Merdeka.com)

Otosia.com - Kalangan Dai kembali kehilangan salah satu pendakwah terbaiknya, sebelumnya KH Zainuddin MZ yang wafat pada tahun 2011 lalu, kali ini Ustadz Jeffry Al Buchory yang akrab disapa Uje. Uje meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal. Motor Kawasaki ER-6N bernomor polisi B 3590 SGQ yang dikendarainya menabrak pohon di Jl. Gedung Hijau Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Mengomentari kecelakaan yang terjadi tadi pagi pukul 02.00 WIB ini, Jusri Pulubuhu, Praktisi & Pemerhati Road Safety - Lead Driving & Motorcycle Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) - Crash Free International, bahwa ada dua faktor yang bisa dianalisa dalam kejadian kecelakaan yang menimpa Uje.

"Kedua faktor itu adalah penyebab kecelakaan dan pemicu kecelakaan," sebut Jusri, dimana lokasi dan jam yang sama juga pernah menimpa anaknya beberapa tahun lalu.

Menurut Jusri, lokasi kejadian yang hanya 200 meter dari kantornya ini, merupakan lokasi yang sangat sepi pada jam-jam tersebut. Paradigma masyarakat selama ini, jalan yang sepi dipastikan akan aman. "Pada kondisi tersebut, memicu pengendara untuk memacu kendaraannya tanpa memikirkan adanya 'Blind Spot'," ujarnya.

Masih menurut analisis Jusri, Uje sering melewati rute itu untuk menuju rumahnya. Dari menyusuri jalanan yang lurus, Uje akan belok ke kanan yang memposisikan motornya pada kemiringan 30-40 derajat.

Motor Kawasaki ER-6n Uje

"Kemungkinan, setelah motor miring dan hendak kembali ke posisi semula, Uje tak bisa lagi menyeimbangkan motor, kemudian motor limbung dan menabrak pohon. Kecelakaan itu juga bisa disebabkan 'ngantuk' atau kondisi fisik Uje yang baru pulih dari sakit," tutur Jusri. (kpl/tr/rd)

 








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail