HOME » BERITA » MUDIK GRATIS NAIK KERETA BUAT PARA "BIKER"

Mudik Gratis Naik Kereta Buat Para "Biker"


Mudik Gratis Naik Kereta Buat Para "Biker"
Jumlah pemudik menggunakan sepeda motor setiap tahun semakin tinggi (Foto: Nazar Ray)
Jum'at, 12 Juli 2013 15:00

Otosia.com - Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat agar memanfaatkan program mudik Lebaran dari pemerintah, terutama bagi pengguna sepeda motor. Seperti yang telah disampaikan, Komisi V DPR RI menyetujui subsidi angkutan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor pada saat Lebaran nanti, antara lain angkutan kereta api sebesar Rp 8.64 miliar.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, menerangkan bahwa biaya untuk mengangkut sepeda motor menggunakan kereta api adalah Rp 250.000. Ditambah biaya operasional pengembalian kereta sebesar Rp 200.000 per unit. 

mudik

Untuk masyarakat yang ingin ber-Lebaran di kampung halaman menggunakan sepeda motor, Bambang menyarankan agar kendaraan tersebut didaftarkan pada program mudik Lebaranyang disiapkan Kementrian Perhubungan. Sementara sepeda motornya diangkut dengan kereta, pemilik motor bisa memanfaatkan jasa angkutan yang lain.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Perhubungan juga mempersiapkan jalur laut dengan pemanfaatan kapal TNI KRI Banda Aceh. Kapal tersebut rencananya disiapkan untuk dua trip perjalanan, yaitu berangkat pada H-4 dan H-2 Idul Fitri, dengan rute Tanjung Priok menuju pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. KRI Banda Aceh tersebut bisa dimuati hingga 1.000 sepeda motor.

Angkutan Kapal sudah disiapkan untuk mengangkut ribuan pemudik

"Demi keselamatan pengguna motor yang akan naik KRI Banda Aceh diharapkan mengisi BBM secukupnya. Life jacket disediakan 400 unit serta pengaturan perjalanan sepeda motor secara rombongan maupun penetapan khusus dan tempat istirahat," imbaunya.

Penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi pada musim mudik Lebaran masih menjadi alternatif yang menarik. Karena penggunaannya ringkas dan bisa digunakan dengan mudah juga hemat saat sampai di kampung halaman atau tempat tujuan mudik.(kpl/nzr/spr)

Baca Yang Ini Juga

Sambut Lebaran, Mitsubishi Umbar SMILE

Mantap! Bale Santai Honda Ada di 25 Lokasi

Rp 25 Miliar Dikucurkan untuk Mudik dengan Sepeda Motor!

Selama Musim Mudik, KIA Siapkan Pos Siaga Dan Bengkel Jaga

 

 









APA PENDAPAT ANDA ?
2014-2-8
detail