HOME » BERITA » CITRA MOBIL NASIONAL BAKAL KEMBALI TERPURUK

Citra Mobil Nasional Bakal Kembali Terpuruk

Kamis, 14 Juni 2012 18:30



Citra Mobil Nasional Bakal Kembali Terpuruk
Ilustrasi Mobil Toko (Moko) yang dikembangkan di Sulawesi Selatan

Otosia.com - Tren mobil nasional yang mulai terangkat lagi di Tanah Air, bakal terjungkal dengan munculnya kabar tak sedap seputar kualitas yang dimilikinya. Baru-baru ini, Mobil Toko alias Moko yang dikembangkan oleh Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel), dianggap tak memenuhi syarat untuk sisi desain maupun kualitas. Alhasil, singkatan Moko pun diplesetkan menjadi 'Mobil Koddala' atau Mobil Jelek (dalam bahasa setempat).

"Di beberapa daerah seperti Solo, mengembangkan mobil Esemka yang bisa bersaing dengan mobil pasaran Eropa dan Asia. Tetapi kita di Sulsel juga tidak mau kalah, namun parahnya karena mobil yang dikembangkan itu 'mobil koddala'," ujar Djusman AR, Direktur Lembaga Peduli Sosial Ekonomi, Budaya, dan Hukum (LP-Sibuk), di Makassar, Kamis (14/6).

Mobil Moko yang dikembangkan Pemprov Sulsel masih jauh dari harapan masyarakat Sulsel. Padahal, rencananya mobil ini akan dikomersilkan di daerah-daerah dan diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah. Djusman berpendapat, sebagai pemerintah yang menjadi pelayan bagi masyarakat, harusnya mampu memberikan pelayanan yang maksimal, bukannya memberikan pelayanan yang seadanya saja.

Menurut Djusman, ekspektasi masyarakat Indonesia sangat besar terhadap munculnya produk dalam negeri dan hal itu sangat memungkinkan untuk terwujud, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk yang cukup besar dengan sumber-sumber daya manusia yang handal.

Namun sayangnya, pemerintah masih belum memberikan penghargaan kepada warganya. Djusman merasa optimis jika sejumlah warga yang mempunyai SDM tinggi itu diberikan kesempatan, pasti akan mampu membuat terobosan besar.

"Tidak usah jauh-jauh sampai ke negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika yang sudah mengembangkan mobil terbang dan mobil yang mampu menyelam di dasar laut. Pemerintah kita di sini masih sibuk dengan mobil yang mirip bemo itu dan mobil seperti inikah yang akan dibanggakan?" tanyanya. (kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail