HOME » BERITA » NISSAN PATHFINDER SIAP SAINGI FORTUNER DAN PAJERO

Nissan Pathfinder Siap Saingi Fortuner dan Pajero

Rabu, 12 September 2012 18:46



Nissan Pathfinder Siap Saingi Fortuner dan Pajero
Nissan Pathfinder 2013

Otosia.com - Makin cerahnya pasar sport utility vehicle (SUV) medium di Thailand mendorong Nissan berniat meningkatkan produksinya. Selama ini, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport serius menggarap segmen tersebut.

Dan varian yang bakal diandalkan untuk diboyong oleh Nissan adalah Pathfinder, yang penjualannya difokuskan di Amerika. Pathfinder sangat dimungkinkan untuk ditingkatkan produksinya, dengan menggunakan sasis pikapnya, yakni Navara.

Takayuki Kimura, President Nissan Motor (Thailand) mengatakan, Nissan sudah lama absen di segmen mobil yang diproduksi menggunakan sasis pikap.

"Ini memang kesalahan dari perencanaan produk kami. Konsumen di Thailand menyukai SUV dengan desain bagus dan paket yang besar," aku Kimura seperti dilansir Bangkok Post, pekan lalu.

Permintaan pasar akan SUV Nissan tetap positif di level 500.000 unit (di Thailand). Kimura melanjutkan, Nissan dan Mitsubishi pernah membicarakan kemungkinan kolaborasi antara Navara dan Triton, tapi sayang tidak berlangsung mulus.

Saat ini, Nissan hanya mengandalkan X-Trail untuk pasar SUV 5-penumpang, yang harganya mendekati SUV 7-penumpang. Selain itu, X-Trail dikenakan pajak 30 persen lebih tinggi ketimbang pikap.

Karena siklus produksi (life cycle) pikap Navara akan segera berakhir, generasi baru SUV paling cepat bisa terwujud dua tahun lagi (2014). Maka wajar saja jika mereka kemudian melirik segmen SUV yang menggunakan basis pikap, yang cuma dibebani 20 persen.

Kabarnya, SUV berbasis pikap tersebut akan dibuat di Bang Na, Thailand, sekitar tahun 2014, sekaligus beberapa model baru. Jika hal itu terwujud, kemungkinan besar model tersebut akan masuk ke Indonesia.(kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail