HOME » BERITA » PABRIK HONDA SIAP HADAPI PROGRAM MOBIL MURAH

Pabrik Honda Siap Hadapi Program Mobil Murah

Sabtu, 10 November 2012 12:18



Pabrik Honda Siap Hadapi Program Mobil Murah
Honda Brio (Foto: Nazar Ray)
Mobil Terkait : Mobil Honda Brio Dijual

Otosia.com - PT Honda Prospect Motor sebelumnya sudah mulai memberi indikasi akan keikutsertaannya dalam program mobil murah sesuai regulasi pemerintah. Apakah itu Brio versi murah, atau model baru, PT Honda Prospect menyatakan sudah siap dengan segala persyaratan yang dibutuhkan.

"Pabrik untuk Indonesia kita sudah siap. Pabrik baru (untuk mobil low cost green car atau LCGC) akan selesai 2014. Konten lokal mencapai 80 persen juga sudah siapkan, dan beberapa vendor juga (sudah siap). Tinggal menunggu pemerintah (LCGC)," ungkap Jonfis Fandy, Marketing After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Honda Prospect sendiri dalam pencanangan pembangunan pabrik perakitan kedua di Karawang, 4 Juni lalu, sempat mengutarakan akan membangun MPV kecil baru yang kemudian dikaitkan dengan Brio MPV. Takanobu Ito selaku President, Chief Executive Officer, and Representative Director Honda (Pusat), kala itu hanya menyampaikan petunjuk-petunjuk kecil.

"Tahap selanjutnya, kami mempersiapkan model baru di pasar otomotif Indonesia. Mulai dari Brio, hingga MPV kecil baru, dengan harga terjangkau, yang akan diproduksi di pabrik baru ini," ungkapnya kala itu.

Asumsi ini pun diperkuat Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran & Purnajual PT Honda Prospect Motor, pada suatu kesempatan membicarakan Honda MPV murah. "Sebanyak 70 persen penjualan mobil di Indonesia dikuasai Low MPV. Sudah bertahun-tahun segmen low MPV di bawah Rp. 200 juta menjadi pasar yang sangat gemuk," kata Jonfis.

Sementara itu, berdasarkan informasi, Honda Brio kelak menggunakan suku cadang lokal hingga 80 persen. Pada tahap awal, PT Honda Prospect Motor (HPM) memang membawa city car Brio CBU dari Thailand. Namun tahun depan, mereka memastikan akan mulai memproduksinya di pabrik kedua mereka di Karawang Industrial Park, Jawa Barat.

Kuat dugaan produk rakitan dengan 80 persen kandungan lokal itulah yang akan menjadi bagian dari program mobil murah LCGC tadi.(kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail