HOME » BERITA » PANGKAS HARGA, PEUGEOT AKAN RAKIT SUV DI INDONESIA?

Pangkas Harga, Peugeot Akan Rakit SUV di Indonesia?


Pangkas Harga, Peugeot Akan Rakit SUV di Indonesia?
Peugeot 4008 (Foto: Larevue)
Kamis, 07 Juni 2012 10:05

Otosia.com - Wacana ini bergulir pasca-peluncuran New Peugeot 107 di EX Atrium Hall, Jakarta, Rabu lalu. Meski belum memastikan model apa yang akan dirakit di Indonesia, PT Astra International Peugeot (AIP) sudah mengatakan bahwa pilihan jatuh pada SUV ataupun crossover.

"Kami sedang mempelajarinya sejak semester ini, untuk merakit produk Peugeot di Indonesia yang baru akan mengaspal tahun depan," urai CEO PT Astra International-Peugeot Constantinus Herlijoso.

Selain SUV dan crossover, perwakilan Peugeot Indonesia ini juga menggulirkan rencana untuk juga merakit MPV. Pada intinya, harga dengan perakitan di Indonesia bisa memangkas hingga 20 persen dari harga jual saat ini.

"Hanya akan ada satu produk yang bakal dirakit di sini," tambah Herlijoso, seraya menyebut bahwa kelak akan ada banyak model dirakit di Indonesia.

Sebelum 107, PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation (AI-PSO) pada April lalu juga meluncurkan varian hatchback facelift dari New Peugeot 308.

Bicara soal crossover, Peugeot saat ini sudah memasarkan 3008 yang masuk dalam barisan crossover SUV terkini mereka. Tipe 3008 yang dipasarkan berspesifikasi mesin Turbo 1.600 cc dengan transmisi matik Triptonic. Harga di Indonesia Rp 430.500.000.

Jika pemangkasan harga hingga 20 persen, maka diperkirakan harga 3008 rakitan lokal menjadi sekitar Rp 340 juta. Harga ini bersaing ketat dengan Suzuki SX4 atau Juke yang berada di kisaran Rp 200 juta.

Namun jika SUV yang akan dirakit di sini, maka persaingan akan cukup aman mengingat SUV berada pada segmen premium dengan kisaran harga setengah miliar ke atas. PT Astra International - Peugeot belum memasukkan SUV ke dalam jajaran produknya di Indonesia.Namun Peugeot internasional memiliki tipe 4007.

Ada dua pilihan mesin, diesel 2.179 cc DW12 HDi turbodiesel 4-silinder segaris, dan mesin bensin 2.400 cc 4B12 DOHC 16-valve sama seperti yang digunakan Mitsubishi Outlander.

Masih ada tipe lain yang tak kalah menarik dan masih fresh, yaitu 4008. Mobil yang cocok dikategorikan mini-SUV ini dilengkapi dua mesin bensin 1.6-liter dan 2.0-liter, serta dua mesin diesel 1.6-liter dan 1.8-liter.

Sementara itu, PT Astra International-Peugeot sudah punya rencana produksi 1.000 unit per tahun dari tipe yang masih misterius ini. Adapun tempat perakitan akan bekerja sama dengan pabrik perakitan PT Gaya Motor di Sunter, markas Astra. Jadi tipe yang mana? Seperti biasa,kita tunggu saja. (kpl/why/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail