HOME » BERITA » PASCA MENANYAKAN SURAT TUGAS, SIM DITAHAN KARENA DIANGGAP MELAWAN

Pasca Menanyakan Surat Tugas, SIM Ditahan Karena Dianggap Melawan

Rabu, 04 Mei 2016 11:30

Pasca Menanyakan Surat Tugas, SIM Ditahan Karena Dianggap Melawan
Brigadir Yudha (foto: Andi Sukirman)

Otosia.com - Nah, isu merebaknya kasus para petugas polisi yang tidak bersedia memperlihatkan surat perintah untuk melakukan razia memang sudah jadi rahasia umum. Beberapa oknum seringkali tak ingin memperlihatkan surat tersebut sekalipun.

Padahal pada Pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“PP 80/2012”) ayat 1 (satu) dikemukakan bahwa petugas wajib dilengkapi dengan surat perintah. Link Hukum Online.

Nah mungkin, pemilik akun facebook Andi Sukirman ini sedang dalam kondisi yang kurang beruntung karena harus berhadapan dengan oknum yang tidak bersedia menunjukkan surat tugasnya dengan beberapa dalih yang diucapkan olehnya.

Terlihat pada video yang diunggah Andi, dirinya berusaha untuk menanyakan apakah razia tersebut dilengkapi dengan surat perintah atau tidak. Dimana di sisi lain petugas tersebut mengucapkan bahwa surat perintah dipegang oleh perwira rekannya.

Andi Sukirman sendiri juga mengungkapkan, bahwa sang petugas polisi tersebut juga keukeuh tidak menunjukkan suratnya. Bahkan karena tahu Andi merekam percakapan mereka, polisi tersebut juga balik merekam Andi.

Dalam keterangan Andi, disebutkan juga bahwa Andi karena terpaksa dan hendak ingin segera bergegas kemudian menunjukkan surat-surat pentingnya sekalipun sang petugas menolak untuk menunjukkan surat perintah. Eh malah SIM Andi ditahan dan tetap terkena tilang. Ditahannya SIM Andi, menurutnya adalah karena Andi dianggap melawan petugas. Pendapat Otolovers?

(kpl/fjr)

Suka artikel ini?





Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2016-10-16
detail

BERITA POPULER