HOME » BERITA » PASCAGEMPA, PRODUKSI DAN EKSPOR MOBIL JEPANG MELEMAH

Pascagempa, Produksi dan Ekspor Mobil Jepang Melemah

Selasa, 31 Mei 2011 19:10



Pascagempa, Produksi dan Ekspor Mobil Jepang Melemah
Ilustrasi pasca-tsunami Jepang

Otosia.com - Produksi dan ekspor mobil Jepang mengalami penurunan lebih dari dari 60% pada April pascagempa dahsyat 11 April dan tsunami, seperti yang dikemukakan oleh kelompok industri, Selasa (31/5). Total produksi mobil, truk dan bus domestik turun 60,1% pada April dibanding setahun lalu, kata Japan Automobile Manufacturer Association.

Juru bicara asosiasi otomotif Jepang itu menyatakan kepada AFP, ekspor kendaraan Jepang turun 67,8% dibanding setahun lalu. Baik produksi maupun ekspor mengalami penurunan di mana mencatat rekor terbesar.

Produksi kendaraan turun ke posisi 292.001 unit pada April dari 731.829 pada periode yang sama setahun sebelumnya, sementara ekspor menjadi 126.061 unit turun dari 391.540 unit pada April 2010.

Beberapa pabrikan komponen yang merupakan kunci bagi produksi mobil berbasis di kawasan-kawasan Jepang yang menderita terburuk, berbagai fasilitas mereka rusak akibat gempa berkekuatan 9 skala richter yang disusul tsunami.

Gempa dan tsunami juga merusak berbagai fasilitas pembangkit listrik termasuk pusat pembangkit listrik tenaga nuklir di pusat darurat atom.

Sementara pabrik-pabrik mobil mulai berproduksi pada pertengahan April, dengan pengoperasian masih tetap di bawah kapasitas dan para analis memperingatkan bahwa kekurangan suku cadang dapat berlangsung beberapa bulan.

Di tengah kekurangan suku cadang dan listrik, pemimpin pasar Toyota mengumumkan pengurangan produksi domestik dan di Amerika Serikat, Eropa, China dan Australia, produksinya dikurangi atau pabrik-pabrik tutup sementara.  (antara/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail