HOME » BERITA » PELUNCURAN PEUGEOT DIESEL DI INDONESIA TERKENDALA BBM

Peluncuran Peugeot Diesel di Indonesia Terkendala BBM

Senin, 27 Agustus 2012 16:05



Peluncuran Peugeot Diesel di Indonesia Terkendala BBM
Mesin diesel Peugeot
Mobil Terkait : Mobil Peugeot 208 Dijual

Otosia.com - Walau telah lama hadir di Indonesia, Astra International-Peugeot selaku agen pemegang merek Peugeot, tak kunjung memasarkan versi diesel-nya di Tanah Air. Mengapa?

"Diesel tergantung ketersediaan bahan bakar. Tahun ini sih kita ada beberapa model, tetapi untuk internal use saja," Chief Executive Astra International-Peugeot Constantinus Herlijoso. Astra International-Peugeot memang ternyata mengimpor 307 Station Wagon 2,0 Hdi. †

Bagi pihaknya, ketersediaan Pertamina Dex sama Shell Diesel hanya merengkuh titik-titik daerah tertentu, terutama di Pulau Jawa, dan terlebih lagi di Jakarta dan sekitarnya. Dalam sebuah survei yang mereka lakukan pun jumlah tempat pengisian BBM diesel bermutu masih sedikit.

"Apalagi mesin diesel Peugeot sudah ramah lingkungan, standar Euro 5. Butuh diesel bersulfur rendah," tambah Herlijoso seraya memberikan gambaran bahwa pasar dieselnya akan sempit akibat keterbatasan tersebut.

Jika ditanya minat, maka keinginan Peugeot sebenarnya sudah bulat. "Kami mau bawa model bermesin diesel ke sini, apalagi teknologi diesel yang dimiliki Peugeot sangat baik terutama untuk efisiensi bahan bakar," ungkapnya.

Prinsipalnya sendiri yang tergabung dalam grup PSA Peugeot CitroŽn menjual berbagai mesin mobil diesel dengan kode HDi . Walau sebelumnya sangat eksklusif diperuntukkan bagi produk Peugeot dan CitroŽn, tahun 1998, PSA menandatangani kontrak kerja sama dengan Ford Motor Company untuk memproduksi berbagai mesin diesel baru.

Salah satu pengembangannya adalah mesin 8-valve, 2.0 L DW10 yang menyuguhkan tenaga 90 atau 110 bhp, Mesin ini dilengkapi dengan turbocharger geometri tetap. Awalnya mesin ini disediakan untuk model menengah, seperti Peugeot 306 dan 406, tetapi kemudian dikembangkan.

Adapun versi 16-valve-nya menyuguhkan tenaga 109 PS dan digunakan pada MPV ukuran besar. Mesin diesel garapannya bersama Ford yang berkode DW10B dan DW10CZSD menggunakan casing silinder yang sama, tetapi memiliki 16-valve. Salah satunya dipasangkan pada Peugeot 408.(kpl/why/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail