HOME » BERITA » PEMBATASAN BBM, MOBIL PEMERINTAH PAKAI KUPON

Pembatasan BBM, Mobil Pemerintah Pakai Kupon


Pembatasan BBM, Mobil Pemerintah Pakai Kupon
Ilustrasi mobil pelat merah
Senin, 21 Mei 2012 14:45

Otosia.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Menteri Jero Wacik menyampaikan bahwa pengawasan penggunaan BBM non-subsidi di lingkungan pemerintah akan dilakukan melalui kupon. Penegasan peraturan ini disampaikan di tengah rencana pembatasan BBM subsidi menggunakan stiker untuk mobil pribadi, serta arahan konversi ke bahan bakar gas.

"Pelat merah lebih gampang pengawasannya, untuk kendaraan pelat hitam akan dibagi kupon BBM non-subsidi," tambahnya. Lebih jauh, teknis pembagian akan dijelaskan lebih lanjut.

Jero Wacik juga menyampaikan sanksi-sanksi terhadap peraturan pemerintah kebijakan pengendalian BBM bersubsidi. Menurutnya, sanksi dan pengawasan akan diatur dalam peraturan menteri. "Sanksinya macam-macam, mulai dari sanksi administrasi. Untuk aturan terkait penghematan yang dilakukan oleh pemerintah, pengawasannya melalui sekjen masing-masing," urainya.

Kebijakan pengendalian BBM bersubsidi dan upaya hemat energi yang akan ditandatangani dengan lima poin utama. Poin-poin itu antara lain seluruh kendaraan operasional pemerintah dan BUMN harus menggunakan BBM non-subsidi dan mempercepat program konversi BBM ke bahan bakar gas (BBG) yang akan dimulai di Pulau Jawa. (kpl/why/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail