HOME » BERITA » PEMERINTAH BERI 'KEMUDAHAN' UNTUK MOBNAS

Pemerintah Beri 'Kemudahan' untuk Mobnas


Pemerintah Beri 'Kemudahan' untuk Mobnas
Mobnas Tawon (Foto: Istimewa)
Sabtu, 30 Juni 2012 18:28

Otosia.com - Pemerintah terus berupaya membuat kebijakan untuk menciptakan kendaraan umum dengan harga murah. Beberapa produsen lokal yang sudah mulai unjuk kebolehan meliputi, PT Duper Gassindo (Tawon), PT INKA (GEA), PT Triangle (VIAR), PT Mahator, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), PT Kaisar, PT Asian Auto Internasional (produsen bus) dan PT Fin Komodo (kendaraan off-road).

"Menciptakan ini sulit, karena cukup mahal dan kondisi modal terbatas. Dia (produsen lokal) tidak berani bekerjasama dengan investor karena takut justru akan dimanfaatkan nantinya, sehingga cuma jadi penonton saja. Ini yang coba kita bantu," beber Sekretaris Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Kementerian Perindustrian, Syarif Hidayat, dalam dialog Forwin di Lembang, Jawa Barat, Sabtu (30/6).

Kerinduan masyarakat Indonesia pada produk otomotif lokal perlu diwujudkan. Syarif menyayangkan jika bangsa Indonesia yang mampu memproduksi pesawat terbang, malah tak mampu membuat mobil sendiri.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT), tengah merancang desain mobil mikro Indonesia, yang nantinya bakal menjadi cikal bakal mobil nasional (mobnas) di segmen 'entry level. (kpl/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail