HOME » BERITA » PEMERINTAH LIRIK LAGI MUDIK GRATIS RODA DUA

Pemerintah Lirik Lagi Mudik Gratis Roda Dua


Pemerintah Lirik Lagi Mudik Gratis Roda Dua
Ilustrasi (Foto: Nazar Ray)
Rabu, 23 Mei 2012 17:45

Otosia.com - Ritual mudik yang berujung pada padatnya arus lalu lintas antarkota antarprovinsi akan segera terlihat dalam hitungan bulan ke depan. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kembali melirik sejumlah hal, termasuk para pemudik bersepeda motor, yang dinilai rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

Salah satu upaya dari pemerintah pusat adalah dengan kembali menggelar mudik gratis dengan mengangkut sepeda motor. Mudik gratis ini pada tahun lalu menggunakan kapal laut sebagai sarana angkutan massal dan dinilai cukup menarik minat para pemudik tersebut. Rencananya, pada Lebaran 2012 ini pemerintah akan menambah frekuensinya dengan titik pengantaran lebih jauh.

"Tahun ini kita akan tambah frekuensinya, yang ke Semarang dan juga sampai ke Jawa Timur," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sudirman Lambali di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa lalu.

Tahun lalu, Kementerian Perhubungan telah melaksanakan mudik bersama khusus untuk pemilik sepeda motor secara gratis menggunakan truk khusus pengangkut sepeda motor dengan rute Jakarta - Solo dan Jakarta - Purwokerto.

Jumlah sepeda motor yang dapat diangkut maksimal 200 unit, yang dibagi dengan 100 unit tujuan Solo dan 100 unit tujuan Purwokerto. Adapun para penunggangnya menaiki bus gratis dengan kuota maksimal pengangkutan 2 orang dewasa dan 1 anak-anak untuk setiap sepeda motor yang didaftarkan.

Sejumlah syarat pun ditetapkan, termasuk larangan adanya modifikasi atau aksesori tambahan pada sepeda motor yang akan diangkut; kaca spion wajib dilepas (dibawa oleh pemilik); harus memiliki standar tengah, tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang yang dengan kata lain tidak mengakomodasi para rider touring yang justru biasanya memiliki perangkat tersebut.

Sementara itu, ketentuan tangki bensin harus kosong diakomodasi dengan pemberian jatah bensin di tempat tujuan masing-masing motor sebanyak 1 liter. (kpl/why/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail