HOME » BERITA » PEMILIK MOBIL PRIBADI PERSIAPAN KENAIKAN BBM

Pemilik Mobil Pribadi Persiapan Kenaikan BBM

Rabu, 17 April 2013 17:30



Pemilik Mobil Pribadi Persiapan Kenaikan BBM
SPBU

Otosia.com - Sebelumnya pemerintah hampir menerapkan kebijakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) menggunakan dua harga bulan depan. Namun jika langkah ini masih gagal bisa saja pemerintah menerapkan kenaikan BBm secara keseluruhan.

Saat ini pemerintah masih merasa kebijakan dua harga premium ini sebagai yang terbaik. Meskipun demikian pemilik mobil pribadi sudah harus lebih awal untuk menyiapkan dampak langsung kenaikan tersebut.

Agus Martowardojo, Menteri Keuangan mengatakan kuota BBM yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mulai meleset memasuki triwulan II tahun ini. Karena keputusan politik tahun lalu membebaskan pemerintah menaikkan harga jual premium, maka pihaknya siap melakukan langkah yang dibutuhkan untuk menjaga anggaran tetap sehat.

"Kita kalau mau menyesuaikan harga BBM itu sudah sepenuhnya ada di pemerintah bahwa kalau perlu menyesuaikan harga BBM atau menyesuaikan tarif dasar listrik itu sudah bisa dilakukan oleh pemerintah," ujarnya selepas diskusi Kadin di Grand Sahid, Jakarta, Rabu (17/4).

Agus menegaskan tidak akan segan mengusulkan kenaikan harga jual premium pada pembahasan APBN Perubahan (APBN-P) jika skenario dua harga jual tak berjalan sesuai yang diharapkan. "Kami akan gunakan itu sebagai dasar untuk memotong belanja negara supaya ekonomi dan fiskal kita kembali sehat," tuturnya, dirilis Mereka.com, Rabu (17/04).

Ketika kebijakan dual price atau dua harga BBM sudah benar-benar diputuskan pemerintah, bagi pemilik mobil pribadi harus menambahkan anggaran untuk konsumsi mobil pribadinya sebesar Rp 1000 per liter.

Artikel Terkait

Masyarakat Sulit Hemat BBM Subsidi

Kuota 2013 Melonjak, BBM Bersubsidi Dipertanyakan

BBM Subsidi Akan Ditiadakan di SPBU Kawasan Elit

 (kpl/rd)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail