HOME » BERITA » PENGISIAN ULANG MOBIL LISTRIK HANYA 10 MENIT!

Pengisian Ulang Mobil Listrik Hanya 10 Menit!

Kamis, 13 Oktober 2011 12:35



Pengisian Ulang Mobil Listrik Hanya 10 Menit!
Nissan Leaf
Mobil Terkait : Mobil Mitsubishi I Miev Dijual

Otosia.com - Jika biasanya pengisian listrik untuk mobil elektrik memakan waktu 8 jam, kali ini dipangkas lebih singkat menjadi 10 menit! Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian sebuah mobil listrik akan secepat dan semudah mengisi bahan bakar di SPBU konvensional.

Artinya, selama menunggu Anda hanya cukup mendengarkan musik 2 - 3 lagu di MP4 atau iPod, setelah itu bersiaplah menaiki mobil kembali karena energi baterai telah terisi penuh.

Nissan bekerjasama dengan Kansai University Jepang berhasil menciptakan teknologi pengisian baterai dalam tempo 10 menit untuk mobil listrik seperti Nissan Leaf dan Mitsubishi i-MiEV. Temuan yang dilaporkan oleh kantor berita Nikkei pekan lalu, merupakan lompatan besar dalam pengisian energi kendaraan listrik, yang terkendala lamanya waktu 8 jam sekali pengisian.

Terobosan tersebut dilakukan dengan cara mengubah elektroda sebuah kapasitor dari karbon ke oksida tungsten dan oksida vanadium yang menghasilkan peningkatan kapasitas daya, demikian ASEAN Automotive News melaporkan.

Dengan sistem yang telah diperbarui ini, maka pengisian energi listrik ke baterai selesai dalam waktu 10 menit, tanpa memberikan efek samping berlebihan pada kapasitas penyimpanan atau tegangan.

Meski mengkomersilkan teknologi mobil listrik membutuhkan waktu selama satu dekade, penemuan ini merupakan terobosan signifikan, yang secara dramatis dapat meningkatkan persepsi masyarakat tentang mobil listrik.

Tahun lalu, lembaga Pike Research memperingatkan produsen mobil listrik akan segera menghadapi tekanan balik dari konsumen yang mengeluhkan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang. Desakan konsumen datang setelah beberapa produsen otomotif besar tidak bisa menyediakan perangkat keras untuk memangkas waktu pengisian dari 8 menjadi 4 jam.

"Beberapa konsumen merasa mereka telah membayar lebih untuk pengisian ulang, dan biaya besar yang mereka keluarkan untuk mobil listrik dan pengisian baterai akan terbayarkan dengan terobosan baru ini," kata Nissan.

Bulan lalu, Nissan meluncurkan charger pengisian baru yang cepat di Jepang, dengan biaya kurang dari 1 juta Yen (US$13.015), atau setengah dari harga unit pengisian sebelumnya. Nissan mengatakan, model charger baru ini hampir setengah dari ukuran sebelumnya, dan dapat mengisi ulang kendaraan listrik dari beberapa merek. (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail