HOME » BERITA » PENJUALAN MOBIL INDONESIA NAIK 25 PERSEN

Penjualan Mobil Indonesia Naik 25 Persen

Kamis, 05 Juli 2012 19:35

Penjualan Mobil Indonesia Naik 25 Persen
Ilustrasi

Otosia.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan bahwa penjualan mobil di Indonesia naik 25 persen pada semester pertama tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada 2011 lalu.

Menurut data yang dimiliki Gaikindo, penjualan pada semester pertama 2012 sudah mencapai 525.692 unit, sedangkan tahun lalu untuk periode yang sama hanya sebanyak 419.665 unit. Sementara itu, DP minimal 30 persen yang mulai berlaku pada pertengahan bulan lalu, belum dirasakan akibatnya.

"Sulit melihat dampak kenaikan DP pada penjualan hanya dalam setengah bulan. Setidaknya dibutuhkan waktu tiga sampai empat bulan," komentar Yongkie D Sugiarto, Ketua I Gaikindo, awal pekan ini.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bagus Susanto, Managing Director PT Ford Indonesia, kemarin lusa. Ia memperkirakan bahwa kemungkinan penurunan penjualan bisa saja terjadi. Namun yang banyak terjadi adalah calon pembeli menunda pembelian karena DP-nya masih kurang.

Masih banyaknya antrian pemesanan kendaraan yang masih menumpuk di beberapa merek membuat penjualan naik. Pasalnya, pasokan dari Thailand mulai pulih, khususnya untuk model-model sedan, hatchback dan pick-up. Hampir semua merek mengalami kenaikan penjualan.

PT Nissan Motor Indonesia mengklaim penjualannya naik 35 persen dari 24.499 unit menjadi 32.712 unit. Honda satu-satunya merek di kelompok 10 besar yang masih belum bisa menyamai penjualan tahun lalu. Pada semester pertama tahun ini  Honda hanya berhasil meraih penjualan 22.664 unit atau turun 5 persen. (kpl/bun)






APA PENDAPAT ANDA ?

2014-2-20
detail