HOME » BERITA » PERTAMINA SERIUS DALAM PERSIAPAN JELANG LEBARAN

Pertamina Serius Dalam Persiapan Jelang Lebaran

Kamis, 26 Juli 2012 15:30



Pertamina Serius Dalam Persiapan Jelang Lebaran
SPBU Pertamina

Otosia.com - Selain berusaha menjamin ketersediaan bahan bakar minyak, terutama bagi pemudik. PT Pertamina (Persero) juga menyediakan delapan langkah antisipasi dalam masa mudik ini.

Langkah pertama, SPBU akan beroperasi penuh selama 24 Jam khususnya di jalur mudik dan balik mulai H-15 sampai H+15 sepanjang jalur pantai utara Pulau Jawa, selatan Jawa, serta arah Merak dan Lampung.

Selanjutnya, mempersiapkan 'SPBU kantong' yaitu SPBU yang ditunjuk sebagai tempat mobil tangki berisi BBM yang akan dikirimkan ke SPBU stok krisis di area terdekat untuk mengantisipasi hambatan distribusi akibat kemacetan lalu lintas di 63 titik lokasi.

Ada pula langkah switching tangki pendam di SPBU dari solar ke premium/Pertamax di 45 titik lokasi SPBU.

Pertamina juga mengoptimalisasi dan menambah jumlah mobil tangki di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali-Nusa Tenggara dengan jumlah persentase 6,5 persen dari armada mobil tangki yang ada.

Jalur juga menjadi perhatian, dengan melakukan pengaturan pembedaan jalur pelayanan antara motor dan mobil konsumen serta menyediakan pelayanan SPBU Transit khusus sepeda motor (di 117 titik lokasi SPBU).

Pertamina juga mempersiapkan pola RAE (Regular Alternative on Emergency) jika terjadi kendala distribusi BBM di titip suplai tertentu.

Langkah selanjutnya adalah berkoordinasi dengan Hiswana Migas, pemda, aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya demi terciptanya keamanan yang kondusif dalam menjaga kelancaran distribusi BBM.

Di luar BBM, sebanyak 4.874 SPBU juga diinstruksikan untuk meningkatkan pelayanan mushala, toilet, ATM, serta memperhatikan aspek kebersihan, juga memperbanyak layanan Pertamina DEX dalam kemasan di jalur mudik.  (kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail