HOME » BERITA » PRESIDEN SBY IKUT MEMESAN MOBNAS SPORT LISTRIK?

Presiden SBY Ikut Memesan Mobnas Sport Listrik?


Presiden SBY Ikut Memesan Mobnas Sport Listrik?
Menteri BUMN Dahlan Iskan
Selasa, 10 Juli 2012 17:40

Otosia.com - Jenis mobil nasional (mobnas) listrik bakal makin bertambah banyak dengan hadirnya prototype mobil sport bertenaga elektrik murni, karya anak bangsa. Mobil sport listrik tersebut akan meluncur di bulan Agustus 2012 mendatang dan saat ini tengah dalam proses pengembangan.

Menteri BUMN Dahlan Iskan, Senin (9/7), menjelaskan prototipe tersebut memiliki desain mirip Ferrari, dibuat di Kadipaten, Yogyakarta, dengan nilai investasi sebesar Rp. 1,5 miliar. Kabarnya, Presiden SBY akan memesan mobnas listrik sport, yang prototype-nya akan rampung pada tanggal 6 Agustus mendatang ini.

Sementara itu, Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) berencana membeli tiga unit mobil listrik jenis MPV buatan Dasep Ahmadi. Ketiga mobil tersebut akan digunakan untuk keperluan riset dan pengembangan.

"Ketiga mobil listrik dibedakan dari warna, yaitu putih, hijau, dan hitam. PLN memang sudah punya roadmap. PLN pesan tiga sebagai prototipe. Nah, satunya saya pinjam," ungkap Dahlan.

Untuk mendukung pengembangan mobnas listrik ini, PT Pertamina didorong untuk membangun sistem pengisian baterai mobil listrik, baik di kantor-kantor maupun di pusat perbelanjaan. Kemampuan mobil listrik ini, menurut Dahlan, bisa menempuh 150 kilometer untuk sekali pengisian baterai secara penuh dan normal.

Kemampuan baterai akan berlipat ganda seiring dengan pengembangannya, yakni untuk jarak 300 kilometer. "Saya akan beri tahu Pertamina untuk menentukan tempat pengecasan (pengisian baterai) di SPBU-SPBU," pungkas Dahlan. (kpl/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail