HOME » BERITA » PROGRAM KONVERSI BBM KE BBG DIMULAI

Program Konversi BBM ke BBG Dimulai

Kamis, 28 Juni 2012 17:35



Program Konversi BBM ke BBG Dimulai
Ilustrasi

Otosia.com - Program konversi konsumsi bahan bakar minyak dengan gas dimulai. Kantor berita Antara melaporkan, Rabu (27/6), Pemerintah melalui Pertamina akan segera membagikan subsidi alat konversi (converter kit) dan mendistribusi bahan bakar gas, seperti yang tercantum dalam Peraturan Presiden No. 64/2012 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Bahan Bakar Gas untuk Transportasi Jalan, yang ditetapkan 14 Juni 2012 lalu.

Pemerintah akan membagi-bagikan bantuan alat konversi bahan bakar dari bensin ke gas dan pemasangannya secara gratis untuk angkutan penumpang umum. Subsidi ini hanya akan diberikan sekali bagi setiap kendaraan. Untuk tahap awal, penyediaan dan pemasangannya dilaksanakan oleh perusahaan yang ditunjuk langsung oleh Menteri Perindustrian.

Perusahaan yang ditunjuk (penyediaan dan pemasangan) wajib memenuhi syarat yang ditetapkan, antara lain memiliki kompetensi teknologi dan SDM, pengalaman manufaktur produk setara komponen otomotif presisi serta manajemen produksi untuk pembuatan converter kit.

Selain itu, juga memiliki kerja sama teknik dengan pemilik teknologi converter kit yang sudah memenuhi standar internasional sekaligus punya komitmen untuk bertahap memproduksi di Indonesia.

Penyediaan dan pemasangan alat konversi dilaksanakan bertahap sesuai rumusan yang ditetapkan Menteri Perindustrian setelah berkoordinasi dengan instansi terkait. Perusahaan yang mendapat penugasan penyediaan dan pemasangan juga diperbolehkan impor jika produksi belum memenuhi.

Tapi, dengan catatan perusahaan wajib menjamin ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual. (kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail