HOME » BERITA » RAKIT SEDAN KECIL DI INDONESIA, HONDA MASIH PEGANG DAGU

Rakit Sedan Kecil di Indonesia, Honda Masih Pegang Dagu


Rakit Sedan Kecil di Indonesia, Honda Masih Pegang Dagu
Perakitan Honda Brio (carsnbikes)
Jum'at, 25 Mei 2012 13:25

Otosia.com - Bea masuk untuk produk dalam kondisi terurai tidak lengkap atau incompletely knock down (IKD) di segmen sedan pada tahun ini dikabarkan akan dihapus. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kinerja produksi sedan dan sektor komponen dalam negeri.

Namun, PT Honda Prospect Motor selaku perwakilan Hondaádi Indonesia belum punya rencana untuk merakit sedan kecilnya di Indonesia. Mereka masih mempelajarinya sampai keputusan pemerintah bulat.

ôKami masih mempelajarinya (IKD). Tapi belum ada rencana untuk merakit sedan kecil di Indonesia," ungkap Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, di sela-sela peluncuran New Honda Cityádi Jakarta, Rabu (23/5).

Seperti diberitakan, Peraturan Menteri Keuangan No 88/PMK.011/2010 menunjukkan bahwa bea masuk IKD untuk sedan masih dikenakan 7,5 persen. Hal itu kemudian dinilai berdampak karena dalam beberapa tahun terakhir, produksi sedan dari industri perakitan di dalam negeri terus menurun.

Pemerintah kemudian mengusulkan agar bea masuk IKD dibuat nol alias dibebaskan dengan fokus pada kendaraan jenis sedan kecil (di bawah 1.500 cc). Namun untuk kendaraan completely knock down atau terurai lengkap (CKD), bea masuk tetap 10 persen. (kpl/why/vin)


Mobil Terkait : Mobil Honda City Dijual








APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail