HOME » BERITA » REGULASI BARU, ASPAL IIMS DRIFT WAR II MAKIN 'PANAS'

Regulasi Baru, Aspal IIMS Drift War II Makin 'Panas'


Regulasi Baru, Aspal IIMS Drift War II Makin 'Panas'
Drift War I, IIMS 2011 (Foto: Nazar Ray)
Selasa, 11 September 2012 19:25

Otosia.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) Drift War II yang dilangsungkan di Jakarta akan diikuti sejumlah drifter papan atas nasional berkelas Formula Drift Asia, seperti Rio Saputro, M. Hermawan, dan Adwitya Amandio. Seperti tahun lalu, pertunjukan gratis bagi pengunjung IIMS 2012 ini dipastikan menjadi tontonan paling panas di akhir pekan.

Raungan knalpot serta decitan ban, disertai asap-asap mengepul akibat gesekan dengan aspal akan mewarnai setiap aksi drifter.

Berbeda dengan IIMS Drift War I yang dilangsungkan tahun 2011, pada kejuaraan tahun ini untuk pertama kali para drifter akan disuguhkan aturan baru, yaitu standar regulasi drifting PP IMI (Ikatan Motor Indonesia) melalui Komisi Drift-nya yang baru dibentuk.

Peraturan ini sekaligus menandai bahwa olahraga drifting sebagai cabang balap mobil yang kompetitif dan berkembang. Bersamaan Drift War II kali ini dijalankan oleh Indonesia Drift Forum (IDF) sebagai Racing Committee (RC) bekerjasama dengan berbagai komunitas drifting.

"IIMS Drift War menjadi satu-satunya kejuaraan drifting di Jakarta untuk tahun ini. Karena itu, kami menerima animo besar dari para drifter dan pecinta drifting di Indonesia. IIMS Drift War tahun ini juga sangat istimewa karena di sinilah untuk pertama kali akan digunakan regulasi drifting resmi dari PP IMI yang baru disahkan beberapa waktu lalu," kata Andry A. Adrian, ketua panitia IIMS Drift War II.

Menurut Andry, Drift War II juga akan menjadi pilot project bagi PP IMI untuk menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drifting yang direncanakan mulai tahun depan.

"Regulasi resmi drifting dari PP IMI merupakan terobosan baru yang layak disyukuri komunitas drifting Indonesia. Mereka, para drifter dan panitia penyelenggara kegiatan balap, kini memiliki acuan resmi untuk membuat kompetisi yang baik dan diakui baik secara nasional maupun internasional," tambah Andry.

Kendati kejuaraan kini diatur regulasi standar drift dari PP IMI, roh drifting tetap bertahan sebagai kompetisi yang mengkombinasikan skill (ketrampilan mengemudi cepat dan pilihan jalur), style (keindahan), dan angle (sudut pengambilan).

Komponen-komponen yang menjadi aspek penjurian penting ini, tentunya juga berpedoman pada regulasi yang sudah ditetapkan. Yang jelas, aspek hiburan (entertainment) masih tetap berjalan beriring dan saling mengisi dengan aspek kompetisi.

Perhelatan drifting kali ini akan lebih semarak dan kompetitif dibandingkan seri tahun lalu. Peserta akan menghadapi aroma kompetisi yang berbeda, di mana peluang menjadi drifter terbaik tak hanya di tangan para drifter Pro yang masuk kategori Seeded, tapi juga bisa jadi milik para rookie.

Desain lintasannya dibuat berkarakter clockwise (arah jarum jam) dengan 10 tikungan (6 kanan dan 4 kiri) dan dibentuk sedemikian rupa sehingga terdapat jalur-jalur yang memberi keuntungan teknis buat para Rookie.

Sebaliknya, terhampar pula jalur 'maut' bagi para drifter Pro. Mereka punya tingkat kesulitan dan tantangan tersendiri melibas area tertentu akibat power mobil yang dahsyat dan buas, plus torsi yang berlimpah. Pada momen tertentu, kelebihan itu justru bisa berbalik jadi penghambat.

"Pada bagian mana saja yang akan menguntungkan Rookie atau Pro, tentu menarik untuk kita tunggu dan saksikan bersama. Kami menargetkan 30-an drifter akan melakoni tantangan itu," ungkapnya.

Tak kalah menarik, buat penonton pun disiapkan acara istimewa dalam bentuk Taxi Drift. Penonton yang berani dan berniat merasakan sensasi drifting boleh ikut mengelilingi trek dengan dua unit mobil yang disiapkan panitia. Sang 'taxi driver' tentunya seorang drifter andal sehingga kenyamanan dan keselamatan penonton bisa terjamin.

Kalau tak berani atau tak berminat, jangan khawatir karena masih ada aksi lain yang tak kalah atraktif. Seorang pengendara Supermoto asing akan menghibur dengan aksi terbang-terbangan dan lompat-lompatan dengan motornya di area yang telah dirancang khusus.(kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail