HOME » BERITA » REGULASI SOAL MOBIL HYBRID AKAN SEGERA DITERBITKAN

Regulasi Soal Mobil Hybrid Akan Segera Diterbitkan

Rabu, 20 Juni 2012 20:10



Regulasi Soal Mobil Hybrid Akan Segera Diterbitkan
Ilustrasi Toyota Prius

Otosia.com - Kabar gembira berhembus di industri otomotif yang berniat menggarap segmen hybrid Indonesia. Pasalnya, Kementerian Perindustrian menyatakan pemerintah akan segera menerbitkan aturan yang memudahkan pemasaran mobil jenis hybrid di Indonesia. Kabar tersebut tentunya bisa menjadi angin segar bagi pabrikan otomotif yang masih menahan diri untuk meluncurkan varian hybrid-nya.

Menteri Perindustrian MS Hidayat di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (19/6), mengatakan bahwa di tengah wacana soal regulasi mobil murah, Pemerintah kini juga tengah mempersiapkan kebijakan lain seputar low emission carbon. Low emission carbon merupakan payung dari kebijakan Pemerintah untuk memberikan prioritas kepada industri otomotif yang ramah lingkungan dan memberikan emisi karbon rendah.

Menurut Hidayat, kebijakan tersebut akan turut menentukan arah pertumbuhan mobil-mobil ramah lingkungan, antara lain hybrid, mobil irit bahan bakar minyak (BBM), mobil listrik dan mobil gas.

"Kami akan mengadakan diskusi terkait mobil hybrid dalam waktu dekat. Semoga segera keluar peraturan tentang mobil tersebut," kata Hidayat.

Sasaran dari kebijakan terkait mobil hybrid adalah pemberian fasilitas atau kemudahan impor bagi produsen asing. "Pada tahap pertama, produsen diperbolehkan mengimpor mobil hybrid dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU), sehingga produsen dapat melakukan tes pasar," tutur Hidayat.

Selanjutnya, memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat mengenai teknologi hybrid karena jenis mobil tersebut menggunakan dua mesin, yaitu bensin dan listrik. (kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail