HOME » BERITA » RIFAT NAIK PODIUM KE-2 RALLY CLASS DI JERMAN

Rifat Naik Podium Ke-2 Rally Class di Jerman


Rifat Naik Podium Ke-2 Rally Class di Jerman
Rifat Sungkar dan Scott Beckwith berhasil masuk peringkat ke-2 di kelas yang diikutinya, Rally Class.
Senin, 27 Agustus 2012 18:25

Otosia.com - Setelah melalui pertarungan selama 3 hari, hanya 41 dari 67 peserta ADAC Rally Deutschland yang memasuki garis finish semalam di Porta Nigra, Trier, Jerman. Para hari terakhir peserta hanya bertarung di 2 Special Stage/trayek khusus dan Super Special Stage sebagai powerstage yang berada di tengah kota yang dipadati penonton.

ADAC Rallye Deutschland merupakan pengalaman pertama Rifat Sungkar bertanding di lintasan tarmac, dan Rally Jerman kali ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi Rifat Sungkar. "Ini Rally dahsyat-seru-tegang dan penuh tantangan," ujar Rifat, yang juga didukung oleh Tag Heuer, Bullocks tools dan DC Shoes.

Rifat menambahkan, power mobil dan strategi pemilihan ban yang jitu adalah kunci dalam catatan waktu. Power mobil tidak maksimal dan ban yang  disediakan oleh team tidak nge-grip di lintasan aspal ini. Saya dan Scott sepakat untuk bertarung dengan kondisi ini dengan maximal dan fokus pada kejuaraan di grup Rally Class.

Karena sesi shakedown dibatalkan oleh panitia, Rifat Sungkar memacu mobil dengan hati-hati di hari pertama dan masih membiasakan diri dengan mobil. Namun dari SS1, Rifat dan Scott sangat terganggu dengan masalah overheating yang terjadi pada mobil.

Meskipun SS3 sempat dihentikan karena insiden yang menimpa pereli lain, Rifat dan Scott berhasil finish di semua SS di hari pertama dengan catatan waktu yang tidak mengecewakan.

Hujan mengguyur dengan ganas di pagi hari kedua, dan lintasan yang licin dan berlumpur terbukti menghadirkan tantangan, tak hanya bagi Fastron World Rally Team, namun juga bagi seluruh peserta lain. Namun tantangan terberat di hari kedua Rally Jerman ini ada di SS9/12 Arena Panzerplatte, yang merupakan stage terpanjang dan terberat di Rally Jerman kali ini.

Stage areal latihan militer dan tank di Baumholder ini memakan banyak korban, termasuk pereli-pereli papan atas dan bahkan sempat diberhentikan sementara di SS12 karena kecelakaan yang menimpa Peter van Merksteijn, Jr.

Di hari kedua Rally Jerman ini, Fastron World Rally Team masih dihadapkan dengan masalah overheating. Namun Rifat dan Scott berhasil mengatasinya dengan menyalakan heater. Pemilihan penggunaan ban yang juga terbukti menjadi kunci keberhasilan di hari kedua ini.

Rifat dan Scott berhasil menyelesaikan semua SS di hari kedua dengan baik, dan menempati peringkat ke-2 di kelas yang diikutinya, Rally Class. Hujan kembali mengguyur lintasan di hari ketiga dan terakhir ADAC Rallye Deutschland.

Bertarung di SS13/14 Dronthal menjadi menantang karena lintasan yang licin dan berlumpur. Namun Rifat dan Scott sudah mengantisipasi lintasan yang basah dengan pemakaian ban yang sesuai. Fastron World Rally Team berhasil finish di SS13 dengan mencatat waktu 24 menit 4,9 detik, dan menyelesaikan SS14 dengan mencatat waktu 24 menit 19,6 detik.

Stage terakhir ADAC Rallye Deutchland merupakan powerstage yang berlangsung di tengah kota Trier, Super SS Circus Maximus. Meskipun panjang lintasan hanya 4,37 km, namun Fastron World Rally Team tetap harus berhati-hati untuk tidak membuat kesalahan karena banyak terdapat trotoar, tiang listrik, dan jalanan yang licin. Fastron World Rally Team berhasil finish Super SS Circus Maxima dengan mencatat waktu 3 menit 49,3 detik.

Rifat Sungkar/Scott Beckwith dari Fastron World Rally Team yang terkendala overheating pada mesin kendaraannya sejak hari pertama hingga akhir pertarungan, dengan pengalamannya selama 15 tahun menjadi perally dapat mengatasi dan mencapai garis finish dengan meraih posisi ke 2 dalam kejuaraan Rally Class dengan catatan waktu tempuh 4 jam 27 menit 14,6 detik .

"Rally Jerman kali ini sangat berkesan. Ini rally pertama saya di lintasan aspal," ujar Rifat Sungkar.

"Target saya hari ini adalah mencapai finish dan mempertahankan posisi, sehingga kita bermain aman. Tetapi untuk ke depannya, kita harus benar-benar melakukan persiapan yang maksimal. Testing kendaraan di lintasan sebanyak mungkin, karena rally di lintasan aspal dan lintasan gravel adalah dua hal yang sangat berbeda," kata Rifat yang mengaku bahwa ini adalah pengalaman rally pertamanya di lintasan aspal.

Juara pertama Rally Class diduduki perally Mexico - Ricardo Trivino / Alex Haro dengan waktu 4 jam 24 menit 10.5 detik, juara 2 Rifat Sungkar / Scott Beckwith 4 jam 2 menit 14.6 detik, dan juara 3 Yuriy Protasov/Nesvit Kyrylo dari Ukraina dengan waktu 4 jam 27 menit 42.6 detik.

Setelah menyelesaikan ADAC Rallye Deutchland, Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertarungan di World Rally Championship 2012 di Rallye de France pada tanggal 4 - 7 Oktober 2012. (kpl/nzr/bun)

 

POPULER DIBACA :

Chevrolet Spin Siap Ramaikan Pasar Mobil Rp 100 Jutaan

[VIDEO] Toyota Buat Iklan Auris 2013 Pakai Model Transgender

 









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail