HOME » BERITA » RIVAL ABADI AKHIRNYA BERTARUNG KEMBALI [VIDEO]

Rival Abadi Akhirnya Bertarung Kembali [VIDEO]

Jum'at, 22 Juni 2012 08:30



Rival Abadi Akhirnya Bertarung Kembali [VIDEO]
BMW M5 vs Cadilac CTS-V (Road&Track)
Mobil Terkait : Mobil Bmw 5 Dijual

Otosia.com - BMW memang telah melahirkan sosok model sedan tangguh dengan menggandeng logo M pada generasi BMW 5 Series pada pertengahan tahun 1980-an. Sejak itu perusahaan Bavarian ini banyak menuai kesuksesan dalam penjualan versi sedan tangguhnya ini ke berbagai penjuru dunia.

Tapi kelahirannya tersebut juga memancing sang penantang yang akhirnya menjadi rival abadi hingga saat ini. Dan sedan tangguh yang selalu menguntit ini datang dari negara paman Sam, Amerika dari perusahaan raksasa yang dalam naungan GM melalui produk Cadilac CTS-V.

Pertama kita mengingat di Indonesia sedan sport perkasa New BMW M5 ini sudah resmi hadir dengan dibanderol harga Rp 1.988.000.000,- itupun harga masih off the road. Sedang di pasar otomotif Amerika mobil ini hanya dibanderol dengan harga US$89.900 atau setara dengan Rp 854 jutaan.

Generasi terbaru BMW M5 ini sudah tidak lagi menggunakan mesin V10 tetapi menggunakan V8 dengan kapasitas mesin yang juga lebih kecil yaitu 4.4 liter. Tetapi walau hadir dengan penurunan mesin, sebuah teknologi terbaru sudah terbenamkan pada jantung pacunya. Sebab dengan perangkat TwinPower Turbo, High Precision Injection dan VALVETRONIC tenaga dan efisiensi menjadi lebih baik.

Alhasil tenaga yang dihasilkan kini sebesar 560 hp pada putaran 6.000-7.000 rpm, sedang torsi yang sanggup dihasilkan adalah 680 Nm pada putaran 1.500-5.700 rpm. Dengan performa mesin ini dan digabung dengan sistem transmisi kopling ganda, mobil sanggup melesat dari 0-100 km/h hanya dalam 4,1 detik sebelum mencapai kecepatan puncak yang telah dibatasi secara elektronik pada 250 km/h.

Sedangkan sang rival New Cadilac CTS-V tampaknya masih mengandalkan mesin kapasitas besar seperti yang dipergunakan pada supercar Chevrolet Corvette yaitu dengan 6.2 liter V8. Dengan performa mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 563 hp pada 6.100 rpm, sedang torsinya sanggup mencapai 747 Nm pada 3.800 rpm.

Berkat kapasitas mesin dan torsi besar sedan tangguh asal Amerika ini sanggul melesat dari 0-100 km/h hanya 3,9 detik dan memang lebih cepat ketimbang New BMW M5. Mengingat pada pertarungan 4 tahun lalu Cadilac yang menggunakan mesin lebih besar ini hampir menaklukkan BMW M5, tapi faktanya M5 masih bisa unggul dalam jalur lintasan balap.

Tapi bagaimana jika pertarungan 4 tahun lalu kembali terulang dengan sama-sama mengandalkan generasi terbaru mereka, dimana masing-masing juga menggunakan sistem transmisi manual yang disalurkan ke penggerak belakang. Sanggupkah New Cadilac CTS-V mengambil posisi M5? Saksikan pertarungan New BMW M5 2013 vs New Cadilac CTS-V 2012 di bawah ini yang dilakukan oleh Road & Track:

Dan dari pertarungan di atas kita bisa ketahui BMW mampu dan kembali unggul ketimbang sang rival abadi Cadilac CTS-V generasi terbaru yang menggunakan jantung pacu lebih besar. Dalam hal ini BMW membuktikan bahwa New BMW M5 adalah mobil sedan sport tangguh di arena balap tapi juga handal dipergunakan di jalanan berkat pengembangan teknologi-teknologinya.   (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail