HOME » BERITA » RPM PERKENALKAN DISC PAD NON-ASBESTOS UNTUK MOTOR DAN MOBIL

RPM Perkenalkan Disc Pad Non-Asbestos untuk Motor dan Mobil


RPM Perkenalkan Disc Pad Non-Asbestos untuk Motor dan Mobil
Produk-produk kampas rem non-asbestos dari RPM (Foto: Nazar Ray)
Jum'at, 30 Maret 2012 16:25

Otosia.com - Industri otomotif dan pendukungnya kini dituntut untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan dan efisien. Mau tak mau produsen harus menghasilkan produk yang lebih hijau dan ekonomis, serta safety. Misalnya penggunaan asbestos untuk kampas rem kendaraan, saat ini sudah ketinggalan jaman, disamping juga tidak tahan panas pada temperatur 350 derajat celcius.

"Makin tinggi kecepatan, makin meningkat panas (temperatur) yang dikeluarkan dari proses pengereman, sehingga mengurangi kinerja daya cengkeram rem," ujar Arif Tri Waskito, Production Director PT Remindo Prima Mitra (RPM) kepada Otosia.com di booth RPM di Pameran International Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition (INAPA) di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (28/3).

Untuk itulah, RPM meluncurkan produk-produk kampas rem non-asbestos dengan kelebihan soft pedal feel, noiseless dan memiliki kinerja pengereman yang maksimal. "Kita tidak hanya jual produk ramah lingkungan, tapi safety," terang Arif.

Menurut Arif, kampas rem RPM terbuat dari material terbaik, seperti kevlar, Rock Wool, Cellulose, Graphite, Carbon Fiber, dan tentu saja non-asbestos. Selain itu, keunggulan lain, kata Arif, tidak terjadi pengerasan di rotor, lebih berpori sehingga mudah menyerap dan membuang air.

Kampas buatan RPM sebelumnya telah diuji di Belanda dan diproduksi menggunakan standar Jepang. Hasilnya, peranti ini memiliki koefisien gesek (friction coefficient) yang stabil, baik pada temperatur normal maupun tinggi. Pengujian yang dilakukan menggunakan standar SAEJ66I.

"Kami tidak melakukan test di Indonesia, karena standar SNI di sini terendah di dunia. Kami melakukan pengujian di luar negeri untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Kami ingin memastikan bahwa kampas RPM aman digunakan, baik pada kecepatan rendah maupun tinggi, baik ketika temperatur pengereman normal atau jarang digunakan, atau pengereman sering (temperatur tinggi)," terang Arif.

Kampas rem RPM dan brake shoe linning saat ini tersedia untuk beberapa jenis motor, baik Suzuki, Yamaha, Kawasaki maupun Honda, serta beberapa merek dan jenis mobil.

"Kampas rem RPM di motor tidak keras, sehingga nyaman digunakan dan tidak merusak rotor. Untuk umur pakai bisa lebih dari 6 bulan, atau 15.000 km. Nah untuk mobil bisa tahan sampai 30.000 km atau lebih dari setahun," tandasnya.

Untuk roda empat, disc pad RPM tersedia untuk Toyota Avanza, Kijang Innova, Vios, Limo, Altis Kijang EFI, Soluna, Great Corolla, Daihatsu Taruna, Xenia, Suzuki APV, Isuzu Panther, Suzuki Futura, Carry 1.0L, Mitsubishi T 120SS, Honda City, Wonder, Jazz, New City, Genio, Hyundai Accent, New accent dan Verna. (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail