HOME » BERITA » SERGIO PININFARINA, SANG DESAINER LEGENDA ITALIA TUTUP USIA

Sergio Pininfarina, Sang Desainer Legenda Italia Tutup Usia

Rabu, 04 Juli 2012 08:30

Sergio Pininfarina, Sang Desainer Legenda Italia Tutup Usia
Sergio Pininfarina

Otosia.com - Sergio Pininfarina merupakan insinyur lulusan Politeknik Torino pada tahun 1950, dan memulai karirnya di perusahaan keluarga, Carrozzeria Pinin Farina.

Satu dekade berlalu, ia berhasil menduduki jabatan sebagai General Manager, kemudian tahun 1961 beliau menjadi Direktur Pelaksana dan ketika mendiang ayahnya meninggal dunia 1966, ia menjadi pemimpin perusahaan.

Tapi kali ini dunia otomotif harus kembali berduka, sebab Sergio Pininfarina sang desainer legendaris mobil asal Italia ini meninggal dunia dalam usia 85 tahun, tadi malam (03/07). Pria yang terlahir dengan nama Sergio Farina 28 September 1926 di Turin ini meninggalkan istri Giorgia dan dua anak Lorenza dan Paolo dalam kesedihan terdalam.

Beliau ini terkenal akan karya-karya desain mobil terbaik di dunia otomotif yang diketahui mulai dari proyek desain Alfa Romeo, Chevrolet, Bentley dan Volvo. Tapi, karya yang dianggap menjadi legenda adalah melalui Ferrari dan Maserati. Sebut saja Ferrari Enzo (2002) dan Ferrari Testarossa (1984) yang membuat namanya melambung.

Di bawah kepemimpinannya, Pininfarina berhasil dikenal dunia sebagai rumah desain kelas dunia, menghasilkan karya-karya terbaik. Pada 1961, Presiden Republik Italia Giovanni Gronchi mengubah nama Farina menjadi Pininfarina. Dengan karya terbaiknya, Pininfarina kemudian ditunjuk menjadi Senator seumur hidup karena kontribusinya mengharumkan nama negara dalam dunia sosial.

Banyak pabrik mobil di dunia memakai hasil desainnya, tidak hanya dari Eropa saja, seperti Peugeot, Citroen, Volvo dan konsep Mercedes-Benz 230L. Tetapi produsen mobil raksasa Amerika seperti Ford pun juga sempat merasakan goresan garis tangannya melalui desain model Focus CC serta Cadillac.

Walau saat ini sang desainer legendaris Sergio Pininfarina sudah meninggalkan dunia otomotif untuk selama-lamanya, namun karyanya tidak akan pernah hilang dan akan selalu dikenang, selamat jalan Sergio Pininfarina.... (kpl/vin)






APA PENDAPAT ANDA ?

2014-2-20
detail