HOME » BERITA » SERING BERADA DALAM MACET TANPA PENYEBAB JELAS? INI KEMUNGKINANNYA

Sering Berada Dalam Macet Tanpa Penyebab Jelas? Ini Kemungkinannya

Selasa, 27 Desember 2016 12:15

Sering Berada Dalam Macet Tanpa Penyebab Jelas? Ini Kemungkinannya
Traffic Jam (foto: istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Di kota-kota besar layaknya Jakarta dan Surabaya macet mungkin bisa saja disebut sebagai makanan sehari-hari. Dengan potensi kendaraan baru yang keluar plus dengan ditambah keberadaan manusianya yang juga banyak menjadi grafik penjamin kemacetan.

Namun, apakah semua kemacetan disebabkan oleh hal teknis? Misal seperti kecelakaan atau lampu merah? Nyatanya tidak, karena di banyak daerah turn out kemacetan bukan karena permasalahan teknis dan lebih karena apa yang disebut ripple effect.

Ripple effect merupakan salah satu fenomena tak kasat mata yang terjadi akibat behavior dari pengendara mobil yang agak oportunis dan egois, sehingga menyebabkan pengendara di belakangnya harus mengurangi kecepatan secara mendadak.

Selain itu, tak mampu mengendalikan kecepatan dan jarak ideal antara mobil satu dengan mobil yang lainnya juga mampu menyebabkan ripple effect. Jadi wajar kalau Otolovers sekalian mengalami stuck dalam kemacetan kemudian menjumpai tiada apapun di ujung kemacetan. Begini visualisasinya!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-2-21
detail

BERITA POPULER