HOME » BERITA » SIAP MUDIK? JANGAN ABAIKAN OLI MESIN

Siap Mudik? Jangan Abaikan Oli Mesin

Senin, 30 Juli 2012 13:30



Siap Mudik? Jangan Abaikan Oli Mesin
ilustrasi mengisi oli mesin

Otosia.com - Anda yang bersiap mudik dengan mobil pribadi tentu mulai mempersiapkan tunggangannya. Untuk kesehatan jantung pacu harus jadi perhatian utama. Salah satunya dengan memperhatikan cairan pelumas mesin atau oli.

Penggantian oli secara berkala adalah hal umum yang tak boleh diabaikan. Namun satu hal lagi, seperti disampaikan Auto2000, pengisian oli juga tidak boleh melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan.

Mungkin kita pernah berpikir, karena akan menempuh jarak jauh, maka makin banyak oli, mesin mobil makin ringan. Padahal, anggapan itu salah kaprah dan bisa membuat mesin jadi tidak sehat.

Jumlah oli yang berlebihan membuat crankshaft menyentuh genangan oli yang ada di bak karter. Dengan demikian, oli bisa menjadi berbusa karena terkocok-kocok. Busa yang dihasilkan mampu membuat oli lebih cepat panas atau overheat. Kemudian akan beroksidasi dan membuat piston kehilangan tekanan.

Jika berbusa, maka oli pun akan menjadi sukar untuk dipompa. Sehingga komponen mesin yang membutuhkan pelumasan akan berisiko menjadi kering dan membuat kerja mesin tidak optimal. Akibatnya, bahan bakar bisa jadi boros, akselerasi kendaraan berat bahkan ruang mesin rusak.

Selain itu. oli yang berbusa juga akan membuat tekanan gas berlebihan di dalam ruang mesin. Sehingga melalui jalur sirkulasi akan terdorong ke filter udara. Akibatnya, filter udara menjadi basah karena oli.

Oleh karena itu, pastikan tinggi oli mesin tidak melebihi tanda 'MAX' yang tertera pada dipstick . Jika terlanjur melewati batas itu, sebaiknya kurangi lagi dengan cara membuka lubang pembuangan oli yang terletak di bawah secara perlahan hingga oli keluar dikit demi sedikit.

Tapi sebelumnya juga siapkan bak untuk menampung oli berlebih tersebut. Kemudian kencangkan baut pembuangan oli dan cek kembali tinggi oli. Selamat mencoba dan selamat mudik.  (kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail