HOME » BERITA » SOLAR SUBSIDI DIBATASI, PERTAMINA DEX DIPERBANYAK

Solar Subsidi Dibatasi, Pertamina Dex Diperbanyak

Kamis, 03 Mei 2012 09:30



Solar Subsidi Dibatasi, Pertamina Dex Diperbanyak
SPBU Yang menyediakan Bio Solar (nazar ray)

Otosia.com - PT Pertamina (Persero) mengabarkan akan menambah jaringan penjualan Pertamina Dex di stasiun pengisian bahan bakar umum.

Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution Pertamina Djoko Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen Pertamina Dex, salah satunya dengan terus mengembangkan jaringan SPBU yang dapat melayani pembelian salah satu produk BBM unggulan Pertamina tersebut.

"Kami akan memperluas jaringan ke Bali, Kalimantan, dan Sumatera karena permintaan yang terus meningkat," tuturnya dalam peluncuran Pertamina Dex di SPBU 31.12802 di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Menurut catatan Pertamina, jumlah SPBU yang melayani pembelian Pertamina Dex melalui pompa dispenser pada 2010 baru 46 unit. Tahun ini Pertamina mengklaim menambahnya menjadi 110 SPBU, yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Pemasaran Pertamina Dex yang kita giat ini secara tidak langsung terkait dengan rencana pemerintah untuk juga membatasi solar subsidi.

Seperti yang disampaikan Menteri ESDM Jero Wacik pada beberapa hari lalu, bahwa BBM bersubsidi yang akan dikendalikan tidak terbatas pada premium, tetapi juga solar. Hal tersebut perlu dilakukan agar volume penggunaan BBM bersubsidi tidak melebihi kuota yang ditetapkan yaitu 40 juta kiloliter.

Pertamina Dex sebagai bahan bakar bagi mesin diesel mengusung konsep "Less Sulfur, More Durable Power". Pertamina Dex memiliki cetane number minimal 53 dan kandungan sulfur di bawah 300 part per million (ppm).

Angka ini merupakan perbaikan berdasarkan standar baru Euro III. Pada saat pertama kali diluncurkan, Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur di bawah 500 ppm.

Selain pembelian melalui pompa dispenser, Pertamina Dex juga tersedia dalam kemasan jirigen di 500 SPBU bersertifikat "Pasti Pas". Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada 2010 sebanyak 350 SPBU. (kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail