HOME » BERITA » SUDAH SAMPAI MANA ATURAN SOAL MOBIL MURAH?

Sudah Sampai Mana Aturan Soal Mobil Murah?

Selasa, 16 April 2013 13:15



Sudah Sampai Mana Aturan Soal Mobil Murah?
Daihatsu Ayla di IIMS 2012

Otosia.com - Sudah sampai di manakah aturan soal mobil murah, hal ini selalu dijawab dengan pengunduran jadwal. Setidaknya, ketidakpastian ini terus bergulir dari tahun 2012 lalu, apalagi ketika banyak orang sudah memberi uang tanda jadi sebagai calon pembeli mobil murah dari Agya dan Ayla yang diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor.

Pihak Daihatsu sendiri hanya berani menyebut bahwa mereka juga dalam posisi menunggu. Mereka hanya terima bisik-bisik dan tetap masih belum mendapat jawaban yang pasti.

"Peraturannya sudah sampai mana? Tadi cerita, 'Sudah di Pak Hattarajasa, Bu, revisi halaman ke-3 ya'. Teman-teman wartawan punya informasi lain, lebih tahu dari saya. Jadi tanya Departemen Perindustrian, departemen terkait lah. Ada lima mereka, kan, yang harus tanda tangan," beber Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor.

Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor memang sudah 'memperjelas' mengenai Agya-Ayla. Mulai dari tutup mulut soal harga yang kerap dispekulasikan di bawah Rp 90 juta, hingga kali ini soal memastikan bahwa waktu peluncuran dua produk murah tersebut belum bisa dipastikan.

Meski demikian, usaha mereka dengan cepat memperkenalkan produk ini dengan memanfaatkan ajang IIMS 2012. Saat itu juga diharapkan bisa mempercepat tuntasnya program mobil murah dan ramah lingkungan pemerintah.

Sementara itu, Suzuki sebagai produsen lain yang terlihat sudah bersiap pula dengan program ini masih menggeleng. Dan juga tetap tidak membocorkan informasi mengenai mobil murah yang dikategorikan dalam Low Cost and Green Car (LCGC) oleh pemerintah itu.

"Kami masih belum bisa berkomentar apa-apa. Mohon pengertian karena kami diminta pihak prinsipal untuk tidak boleh menyampaikan progres apa pun selain kepada ke pemerintah. Sulit bagi kami untuk mengeluarkan pernyataan apa-apa sebelum pemerintah menerbitkan peraturan LCGC. Jadi tunggu saja tanggal mainnya," ujar 4w Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho dalam suatu kesempatan berbeda.

Untuk mobil murah Suzuki, sebelumnya disinyalir bahwa yang akan dicalonkan adalah Alto dan sudah terdata dengan nama A-Star MT LXI di Kementerian Perindustrian. Namun rupanya pihak Suzuki Indonesia masih punya senjata lain, yakni Wagon R.

Daihatsu Akan Punya Mobil Baru Selain Ayla

Mobil Murah Daihatsu Diharapkan Dongkrak Penjualan

Tata Nano Jadi City Car Seharga Lambo Veneno!

10 Mobil Murah Yang Harus Ada di Indonesia

Ford Figo Siap Ramaikan Kelas Mobil Murah!

Mobil Murah Suzuki Alto Anyar Siap Meluncur!

Hyundai iTech i10, Spesial dan Murah

Etios TRD Sportivo, Sporty Tapi Masih Murah!(kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail