HOME » BERITA » SUZUKI SIAP REBUT KEMBALI SAHAM DI VW

Suzuki Siap Rebut Kembali Saham di VW

Kamis, 05 Juli 2012 18:11



Suzuki Siap Rebut Kembali Saham di VW
Ilustrasi
Mobil Terkait : Mobil Suzuki Sx4 Dijual

Otosia.com - Suzuki Motor Corporation siap merebut kembali 19,9 persen saham yang dimiliki Volkswagen (VW). Caranya dengan melakukan arbitrase di antara kedua perusahaan, sesuai yang disampaikan Suzuki sejak bulan November 2011 lalu.

Untuk mengakuisisi sebagian saham Suzuki, dalam kesepakatan sebelumnya VW bersedia mengeluarkan dana Rp. 20 triliun lebih atau 1,7 miliar euro. Kini, dikabarkan Suzuki berniat membeli saham itu kembali dengan harga pasar yang ada sekarang ini sekitar 2 miliar euro atau Rp. 23,5 triliun.

Sementara itu, kerja sama dengan VW pun telah dihentikan. Walau VW masih punya legitimasi untuk memegang saham Suzuki, tapi Suzuki lebih memilih arbitrase di Inggris untuk penyelesaian masalah ini.

Yasuhito Harayama, Vice President of Business Development Suzuki, seperti dilansir Autonews (4/7), mengatakan kesepakatan kerja sama berakhir karena VW tidak memenuhi perjanjiannya untuk memasok teknologi. Di sisi lain, VW menuduh Suzuki mengingkari perjanjian karena memilih Fiat untuk memasok mesin diesel 1,6 liter buat SX4 di Eropa.

"Volkswagen melihat ini sebagai sebuah kontradiksi dalam kesepakatan korporasi," tandas VW dalam pernyataan tertulisnya, November 2011 lalu. Sidang arbitrase perdana akan dilakukan tertutup di ICC International Court of Arbitration, London, mulai awal tahun depan.

Salah satu tujuan VW bekerjasama dengan Suzuki adalah upaya masuk ke pasar India yang potensial. Selain itu, keahlian Suzuki dalam mobil-mobil berkapasitas mesin kecil membuat merek Jerman itu tertarik untuk barter teknologi. Sayang kesepakatan ini kemudian tidak berlangsung mulus. (kpl/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail