HOME » BERITA » TANPA SEPEDA MOTOR, IIMS 2013 JADI AJANG PERKENALAN MOBIL MURAH

Tanpa Sepeda Motor, IIMS 2013 Jadi Ajang Perkenalan Mobil Murah


Tanpa Sepeda Motor, IIMS 2013 Jadi Ajang Perkenalan Mobil Murah
IIMS 2013
Jum'at, 26 April 2013 15:15

Otosia.com - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 kembali dihadiri Renault dan Proton setelah dalam beberapa tahun penyelenggaraan absen. Selain kedua merek tersebut, IIMS tahun ini juga bakal dimeriahkan merek premium asal Jerman Porsche. Namun dua pabrikan, salah satunya merek asal negeri Tirai Bambu absen di IIMS 2013.

“Ada yang datang, ada yang pergi. Tahun ini Geely tidak ikut. Tapi ada Renault dan Proton yang menyatakan berpartisipasi,” ungkap Johnny Darmawan Ketua Panitia IIMS 2013 di Jakarta, Kamis (25/4).

Sama seperti penyelenggaraan tahun lalu, IIMS 2013 tidak akan diramaikan oleh sepeda motor. Banyaknya peserta yang ikut dan terbatasnya area pamer menjadi alasan panitia tidak mengikutsertakan sepeda motor. “Idealnya memang ada dua macam (mobil dan motor)dalam satu pameran otomotif akbar. Ini pernah saya sampaikan beberapa tahun lalu. Tapi karena area hallnya terbatas, mau ditaruh dimana motornya. Semua hall sudah penuh?,” tandas Johnny.

Dalam IIMS mendatang berbagai perencanaan dan pembenahan dilakukan panitia untuk menghadirkan IIMS yang lebih maju dan meriah dari tahun ke tahun. “IIMS merupakan barometer industri otomotif di Indonesia. Oleh karena itu, Gaikindo berharap pameran ini terus semakin lebih baik, agar bisa memberikan gambaran kepada dunia internasional semakin majunya industri otomotif tanah air,” ujar Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo

“Beroperasinya pabrik baru beberapa Agen Pemegang Merek (APM) seperti Nissan, Honda, dan Daihatsu, juga menjadi indikasi positif perkembangan industri otomotif di tanah air, yang kami harap hasil positifnya dapat diperlihatkan pada penyelenggaraan IIMS tahun ini,” tambah Sudirman.

Antusiasme menyambut IIMS 2013 ini semakin terbangun dengan respon positif dari masyarakat terhadap program mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost and green car (LGCC).

Rilis IIMS 2013

Sebelumnya beberapa program telah dirintis pemerintah bersama industri otomotif, salah satunya adalah program Low Cost Green Car (LCGC). Program yang mendapatkan dukungan penuh dari merek dan pemain besar di industri otomotif Indonesia, bertujuan untuk mendorong imlementasi kendaraan berteknologi hemat konsumsi bahan bakar dengan harga terjangkau.

Program LCGC dengan teknologi ramah lingkungan yang hemat dan bersih dan ditawarkan dengan harga terjangkau adalah gambaran pasti dari tema 'Smart Vehicle Mobility' yang diusung IIMS 2013. Tercatat ada sekitar 5 agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang menyatakan siap dengan mobil yang masuk program LCGC.

Sementara itu, di IIMS 2013 total diikuti 35 ATPM , yang terdiri dari 26 passanger cars dan 9 brand commercial vehicles. Untuk kendaraan penumpang akan hadir Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Inviniti, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Proton, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW.

IIMS 2012

Sedangkan dari jajaran commercial vehicles disemarakan oleh Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks.

“Dukungan terhadap pelaksanaan IIMS tidak hanya datang dari seluruh ATPM anggota Gaikindo, namun yang sama juga ditunjukkan oleh industri-industri pendukung,” tutur Johnny

Panitia penyelenggara sendiri menargetkan mampu menjaring 380 ribu pengunjung, selama 11 hari pameran.

“Kalau ditanya target jualan, saya sudah katakan berkali-kali bahwa IIMS bukanlah arena untuk jualan tapi lebih kepada pengenalan teknologi-teknologi dan produk-produk ramah lingkungan dari para peserta. Di bandingkan Thailand, IIMS kita lebih besar. Bahkan luas area kita lebih besar dari bangkok Motor Show, dan ini sudah diakui oleh industri dan media di Jepang bahwa pameran kita lebih besar daripada Thailand,” pungkasnya.(kpl/nzr/rd)

Artikel Terkait

Mobil Murah Jadi Menu Utama di IIMS 2013

IIMS 2013: Harapan Mempercepat Program Mobil Murah

All-New Forester, Jagoan Subaru di IIMS 2013

 

 









APA PENDAPAT ANDA ?
2014-1-29
detail