HOME » BERITA » TRAH CIVIC: LEGENDARIS, TANGGUH, 'UNDENIABLY AWESOME'!

Trah Civic: Legendaris, Tangguh, 'Undeniably Awesome'!

Selasa, 14 Februari 2017 13:15

Trah Civic: Legendaris, Tangguh, 'Undeniably Awesome'!
Honda Civic Generasi 1 (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah Mobil Terkait : Mobil Honda Civic Dijual

Otosia.com - Sekian puluh tahun Honda membangun kerajaan otomotif dan elektroniknya, ribuan jenis yang dirilis dan tak akan sedikitpun orang lupa dengan keberadaan Honda Civic. Semacam jadi menu wajib Civic selalu mendapatkan pemutakhiran di jaman apapun.

Bisa dibilang cengkeraman cakar Honda, terutama Civic terasa terlalu kuat bahkan di manapun. Karena tak peduli jaman sedang trend apa, dengan rival seperti apa, Honda selalu setia membuat Civic tersorot jelas di depan kamera dan di bawah spotlight semenjak rilis pertama kali pada tahun 1973.

Populasi mobil honda saat itu sebenarnya sudah banyak. Namun kehadiran Civic malah memultiplikasi jumlahnya bahkan hingga ke Amerika Serikat. Negara yang sempat sensitif dengan Jepang akibat perang di Pearl Harbour.

Total sudah ada 10 generasi Honda Civic yang dilahirkan semenjak generasi pertama, dan 44 tahun perjalanan usia Honda Civic menunjukkan ada banyak kehandalan yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumennya, tak cuma di Asia tapi di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Muncul pertama kali sebagai mobil dengan volume mesin yang tak terlalu besar, yakni sekitar 600cc pada 1973, siklus hidup Honda Civic saat itu telah memperkenalkan Controlled Vortex Combustion Chamber, bisa dibilang merupakan cikal bakal dari VTEC yang legendaris.

Berturut-turut Honda Civic pada generasi pertama hingga ketiga dibangun dengan format hatchback pada akhirnya juga jadi cikal bakal seri C. Jika ditarik garis generasinya, seri C adalah yang mengawali adidayanya type CR-X, CR-V dan CR-Z. Semuanya berawal di generasi ketiga yang dirilis tahun 1984.

1988 jadi tahun yang bersejarah karena dikotomi mobil sport Honda seri C nampaknya mulai dibedakan. Karena tahun ini Honda Civic kemudian memroduksi Honda Civic yang di Indonesia diberi panggilan Civic Wonder. Pun ini juga jadi cikal bakal Honda Civic Nouva di tahun yang nyaris bersamaan.

Tak lama, tahun 1992 mobil Civic legendaris yang terkenal yakni Estilo lahir. Mobil fenomenal ini sekalipun tua, namun di Indonesia utamanya, selalu jadi buruan para kolektor. Tak sedikit yang membanderolnya dengan standart 'ngawur' hingga di atas 100 juta! Sukses membuat para pemilik Jazz minder dengan reputasi mengerikan Estilo.

Civic ini mengusung mesin yang sejatinya tak besar-besar amat, hanya 1,2 liter dengan opsi tipe lain Honda Civic yang lebih kalem, yakni Civic Genio di tahun yang bersamaan. Civic Genio utamanya, bertahan bahkan hingga 2004 saat pertama kali Jazz diperkenalkan. Hal ini membuat generasi 5-6 dari Civic tak familiar di Indonesia karena adanya Estilo dan Genio.

Menurut banyak sumber, generasi ketujuh dari Civic adalah generasi terakhir yang mengusung format hatchback. Tahun dimana Civic ketujuh dirilis, adalah tonggak berjamurnya mobil dengan interior space yang lega dan kembali mengandalkan MacPherson struts sebagai suspensi andalannya.

Rentang antara 2006 dan 2015 secara bergantian jadi tahun Civic generasi 8 dan 9 saling rilis, keduanya berformat sedan sport dan 'rasa hatchback' hilang sama sekali. Civic generasi ke-9 sendiri sudah semakin mantap mengusung VTEC dengan opsi mesin berkubikasi 2 liter dan 2,4 liter. Istimewanya adalah, beberapa fitur mewah milik Civic generasi ke-9 ini ternyata sebelumnya hanya dipergunakan untuk ACURA.

Seakan menarik ucapan sendiri, generasi ke-10 Honda Civic ternyata kembali melahirkan Civic Hatchback. Tapi karena Honda keren, ya bebas. Mau jilat ludah sendiri pun tak masalah karena Civic Type R untuk versi America-nya juga terbukti secara klinis dan teknis mampu menarik image dahsyat sport hatchback. Daya kuda hingga 158 twincam semakin mempertegas statemen bahwa Honda Civic adalah 'Undeniably Awesome'.

(kpl/fjr)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-2-21
detail

BERITA POPULER