HOME » BERITA » TURBO BERMASALAH, PORSCHE PANAMERA DAN CAYENNE DIRECALL

Turbo Bermasalah, Porsche Panamera dan Cayenne Direcall

Kamis, 19 Juli 2012 12:30



Turbo Bermasalah, Porsche Panamera dan Cayenne Direcall
Ilustrasi: Mesin Porsche Panamera Turbo S

Otosia.com - Mobil lansiran terbaru saat ini mulai marak dengan penggunaan perangkat pendongkrak tenaga turbo. Memang dengan penggunaan sistem turbo saat ini selain tenaga yang dihasilkan meningkat, mampu menekan angka konsumsi BBM kendaraan jadi lebih irit. Namun perangkat ini juga bisa jadi bom waktu jika ada kesalahan sistem kerjanya.

Nah, dari hal ini tampaknya pabrikan mobil sport mewah asal Jerman, Porsche, menemukan sebuah suatu gejala masalah terkait perangkat pendongkrak tenaga mesin ini. Sehingga Porsche melakukan kampanye recall pada dua modelnya, yakni Porsche Panamera dan Porsche Cayenne.

Seperti yang disampaikan autoevolution, kedua model kendaraan yang terkena dampak recall merupakan versi produksi antara tahun 2011 dan 2012. Kabarnya dalam waktu dekat Porsche akan melakukan perbaikan massal di semua showroom Porsche di Amerika Serikat (AS).

Menurut Lembaga Nasional Keselamatan Jalan Raya di AS (NHTSA), mesin dengan perangkat turbo yang bermasalah itu dapat menyebabkan kebakaran bahkan meledak, hal ini disebabkan karena adanya keretakan mesin sehingga oli bisa berpotensi masuk ke dalam saluran knalpot. Jika dalam keadaan panas tentu berpotensi terbakar.

Mengingat, Porsche Panamera Turbo S ini dibekali mesin V8 4.8 liter yang mampu memberikan tenaga yang mencapai 550 hp pada putaran mesin antara 6.000 rpm dengan torsinya 800 Nm pada putaran antara 2.500-4.000 rpm. Dengan performa mesin ini mobil sanggup melesat 0-100km/h hanya 3.8 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 306km/h.

Sedangkan untuk SUV Porsche Cayenne juga menggunakan mesin V8 4.8 liter mampu menghasilkan tenaga sebesar 420 hp pada putaran 6.500 rpm serta memiliki torsi 515 Nm pada putaran 3.500 rpm. Alhasil, untuk akselerasi dari 0-100km/h hanya perlu waktu 5.7 detik dengan kecepatan maksimalnya 261 km/h.(kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail