HOME » BERITA » [VIDEO] PARKIR OTOMATIS DI ALL-NEW FORD FOCUS

[VIDEO] Parkir Otomatis di All-New Ford Focus

Jum'at, 10 Agustus 2012 13:30



[VIDEO] Parkir Otomatis di All-New Ford Focus
Ford Focus - Active Park Assist
Mobil Terkait : Mobil Ford Focus Dijual

Otosia.com - All-New Ford Focus memang baru akan diluncurkan. Ford Motor Indonesia sendiri baru memperlihatkan kepada sejumlah wartawan kemarin, tanpa membeberkan harga dan target penjualan. Namun di luar itu, mereka memperlihatkan sejumlah teknologi menarik.

Teknologi yang diperkenalkan tidak hanya canggih, tetapi juga mampu membuat mobil hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Salah satu fitur unggulannya adalah "parkir otomatis" yang diberi nama Active Park Assist.

Teknologi ini serupa dengan yang dipakai di Lexus BMW dan Mercedes-Benz. Dimana teknologi ini pada intinya membantu pengemudi parkir paralel dengan sentuhan tombol. Kemudian pengemudi tinggal lepas tangan dan hanya mengatur gas dan rem.

Teknologi ini terintegrasi dengan sensor ultrasonik berbasis sistem penginderaan. Info yang didapat dari setiap sensor langsung dipadukan dengan program komputer dalam mobil. Sehingga mobil akan membelok kanan-kiri sesuai kebutuhannya dengan bantuan electric power-assisted steering atau motor elektrik pada setir.

Bagi wanita fitur ini akan menjadi idaman sebab mudah digunakan. Pasalnya, rata-rata pengemudi wanita dalam parkir mobil paralel bisa menjadi kendala dan momok.

Prosesnya, sebelum memasuki area parkir, aktifkan fitur yang terletak di dasbor tengah bagian bawah tersebut. Selanjutnya nyalakan lampu sein sesuai area tujuan parkir. Menyalakan sein ini juga berarti mengaktifkan sensor di bagian bumper sesuai arah yang akan dituju.

Ukuran area parkir yang pas menurut komputer mobil ini adalah 1,2 meter lebih panjang dari mobil tersebut. Serahkan urusan ini pada komputer sampai akhirnya mereka siap mengarahkan pengemudi.

Jika sudah siap, lepas tangan dari kemudi dan Anda tinggal atur gas dan rem sesuai arahan di layar konsol. Sebagai petunjuk nanti akan muncul sebuah nada notifikasi. Jika bunyi "bip" panjang dan tak putus berarti mobil Anda sangat dekat dengan suatu benda dan Anda harus mengubah posisi mobil. Saat Anda berhasil parkir di tempat yang sudah diarahkan, maka Active Park Assist akan mati dengan sendirinya.

Yang perlu dicatat, jangan menggenggam setir saat sistem Active Park Assist sedang bekerja. Sebab sistem komputer mobil akan membaca bahwa Anda yang akan memegang kendali. Sehingga dengan demikian Active Park Assist tidak akan aktif.

Fitur Active Park Assist ini disebut mampu menghemat 5 persen bahan bakar. Karena dengannya mobil sudah melakukan gerakan yang jelas . Kerja sistem ini pun mengurangi emisi CO2.

(kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-23
detail