HOME » BERITA » WANITA LEBIH BAIK DARIPADA PEMBELI MOBIL PRIA?

Wanita Lebih Baik Daripada Pembeli Mobil Pria?


Wanita Lebih Baik Daripada Pembeli Mobil Pria?
Ilustrasi (Foto: Autoguide)
Senin, 27 Februari 2012 18:45

Otosia.com - Ketika hendak membeli sebuah kendaraan, nampaknya kaum pria harus lebih banyak belajar dari wanita. Dalam sebuah studi terbaru di AS, wanita melakukan pembelian mobil lebih kepala dingin dan mengajukan pertanyaan yang lengkap, bahkan cenderung mendetail. Tujuannya agar mereka mendapatkan informasi dan konfirmasi lebih banyak tentang kendaraan yang akan dibelinya.

"Pria cenderung bergantung pada apa yang diasumsikan mereka tahu dan apa yang mereka percaya bahwa mereka tahu," kata Sergio Stiberman, CEO dan pendiri LeaseTrader.com.

"Ketika perempuan bermaksud membeli kendaraan, mereka percaya pada pentingnya mengajukan semua pertanyaan yang diperlukan, bahkan jika mereka berpikir bahwa mereka mungkin tahu jawabannya," imbuhnya.

Stiberman menyatakan, sepertinya laki-laki menganggap membeli mobil sebagai sebuah permainan dengan menaklukkan penjual mobil, atau hanya untuk kesenangan semata. Di sisi lain, wanita tidak tertarik apa yang dilakukan pria dan merupakan kelompok yang jauh lebih pragmatis dalam memilih.

Wanita yang diteliti cenderung lebih peduli terhadap keamanan dan keselamatan yang ditawarkan sebuah mobil dan kehandalan fitur, bukan seberapa cepat sebuah mobil melesat dari 0 sampai 60 mph.

Stiberman kemudian mencontohkan istrinya sendiri, Keila. Sang istri ketika menjalani proses transaksi mengeluarkan begitu banyak pertanyaan mendalam ke penjual.

"Dia (Keila) mengajukan pertanyaan yang saya sendiri enggan atau takut bertanya, atau saya memiliki terlalu banyak ego untuk bertanya," ungkapnya. Karena itu ia menghormati sudut yang berbeda dari wanita, terutama istrinya Keila.

"Banyak pria membeli kendaraan untuk bersenang-senang, dimana perempuan tidak tertarik. Pria begitu semangat membeli mobil tanpa pergi dengan membawa banyak pertanyaan ke salesman, dan bagaimana mereka bisa mendapatkan banyak sekali informasi," timpal Anne Fleming, Presiden Women-Drivers.com.

"Saya belum pernah mendengar atau melihat komentar dari wanita seperti itu," tambahnya.

Laporan analisis LeaseTrader.com menyatakan bahwa 95 persen wanita yang melakukan proses pembelian sangat memikirkan faktor keselamatan berkendara dan kinerja peranti keamanan kendaraan. Mereka sangat peduli terhadap keselamatan ketika mengendarai mobil.

Sebanyak 94 persen memikirkan sejarah tentang mobil yang bakal dibelinya, termasuk melihat apakah ada cerita tentang kasus kecelakaan. Sementara pria memiliki sedikit pemikiran yang berbeda. Sebanyak 83 persen di antaranya mengatakan, kinerja sebuah mobil menjadi perhatian utama, lalu diikuti oleh performa mesin sebesar 75 persen.

Mengenai penampilan mobil, tidak mengherankan jika 74 persen pembeli pria menyatakan estetika kendaraan penting, atau menempati peringkat ketiga dalam daftar kendaraan yang harus dipunyai. Sebaliknya, tidak banyak wanita yang menyatakan keindahan menjadi dasar pilihan utama.

Hanya 46 persen wanita yang menyatakan faktor estetika mobil penting. Faktor estetis menempati urutan 9 ketika perempuan memutuskan membeli kendaraan roda empat.

Selain itu, wanita punya rasa khawatir tinggi tentang kualitas dari mobil. Menurut LeaseTrader.com, ketika membeli model lama misalnya, wanita begitu teliti memeriksa dan melakukan konfirmasi kualitas, mencapai 67 persen dibandingkan 55 persen laki-laki.

Hasil penelitian juga menyebutkan, wanita di AS cenderung menyukai jenis SUV, small compact crossovers dan sedan empat pintu. Sementara pria cenderung memiliki preferensi lebih untuk membeli kendaraan sport dan ukuran besar dibandingkan kaum Hawa.

Bagaimana dengan wanita pembeli mobil di Indonesia, lebih baik dari kaum pria?    (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail