HOME » REVIEW » ALL NEW BMW M6 COUPE, ANTARA KEINDAHAN DAN PERFORMA

All New BMW M6 Coupe, Antara Keindahan dan Performa

Kamis, 27 September 2012 09:57



All New BMW M6 Coupe, Antara Keindahan dan Performa
All New BMW M6 Coupe di IIMS 2012 (Nazar Ray)

Otosia.com - All New BMW M6 Coupe tampil perdana di Indonesia International Motor Show 2012. Ini adalah sebuah jawaban dari PT BMW Indonesia atas tingginya permintaan mobil kelas sport coupe premium di Indonesia.

Mobil sport coupe yang dikembangkan oleh anak perusahaan BMW M GmbH ini tampil sangat menawan dengan desain yang otentik dan ekspresif. Desain bodynya kini lebih aerodinamis ketimbang BMW M6 Coupe sebelumnya.

All-New BMW M6 Coupe mengusung mesin V8 berkapasitas 4.4 liter dengan teknologi M TwinPower Turbo. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 560 hp dan torsi 680 Nm, dilengkapi dengan M Double Clutch Transmission 7 percepatan Drivelogic, Active M Differential. Teknologi sasis yang telah disesuaikan dengan modelnya, distribusi berat yang seimbang, semuanya tergabung untuk memberikan pengalaman berkendara khas BMW M.

Selain sanggup melesat dari 0-100 km/h hanya dalam 4,2 detik, New BMW M6 Coupe memiliki presisi handling pada saat belok maupun kemampuan pengeremannya. Faktor lain yang tak dimiliki para kompetitor adalah efisiensi bahan bakar.

Dengan tetap mengedepankan performa tinggi sebagai mobil sport, yang jauh meninggalkan seluruh rivalnya. All-New BMW M6 Coupe memiliki catatan konsumsi bahan bakar 10,1km/lt. Tidak hanya terbilang irit, emisi CO2 hanya 239 gr/km sesuai pengetesan di Eropa.

Untuk performa mesin naik 10 persen dan torsi puncak naik 30 persen hingga 680 Nm. Namun konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 justru dapat diturunkan hingga di atas 30 persen dibanding beberapa generasi sebelumnya.

Desain atletis

Beberapa nilai klasik, sentuhan sporty dan elegan khas BMW Seri 6. Serta desain yang ramah khas BMW M Automobiles menjadi dasar bagi desain bodi All New BMW M6 Coupe ini.

Permukaan yang kokoh dengan kontur yang presisi menciptakan aura coupe yang atletis, dipadu dengan Adaptive LED Headlight membuat mobil ini semakin progresif. Itu masih diperkuat dengan beberapa sentuhan ornamen khas M yang semuanya disesuaikan dengan spesifikasi teknis. Seperti kebutuhan udara pendingin, geometri sasis, serta aerodinamika yang sekaligus memperkuat performa mobil sport ini. BMW M6 Coupe ini dilengkapi dengan velg alumunium ringan M ukuran 19 inci.

Kontur dinamis

Seperti pendahulunya, atap BMW M6 Coupe terbuat dari serat bahan carbon fivre-reinforced plastic.Warna gelap pada atapnya menciptakan siluet memanjang pada mobil sport dua pintu ini. Dan tentunya membuat bobot jadi lebih ringan.

Penggunaan material ringan untuk atap membuat titik pusat berat mobil tetap berada di bagian bawah sehingga meningkatkan kestabilannya. BMW Individual High-gloss Shadow Line juga membuat kesan mobil ini memiliki keseimbangan sempurna, warna gelap pada garis jendela samping serta bagian bawah penutup kaca spion M yang didesain sangat aerodinamis.

Desain ringan

Penggunaan material yang sangat teliti juga menciptakan struktur bodi yang kokoh dan sangat ringan. Penggunaan CFRP untuk bagian atap BMW M6 Coupe juga diterapkan pada saat memilih material bagian-bagian lain untuk memastikan mobil berbobot ringan.

Pintu dan kap mesin pada coupe sport berperforma tinggi ini terbuat dari bahan aluminium, sedangkan panel-panel depan terbuat dari bahan termoplastik. Sementara itu penutup bagasi terbuat dari Sheet Moulding Compound atau SMC.

Perbandingan berat terhadap tenaga pada mobil ini adalah 3,3 kilogram per HP. Dan bagi All New BMW M6 Coupe ini merupakan peningkatan yang signifikan dibanding pendahulunya.

Struktur yang tangguh, zona deformasi yang besar dan presisi, serta sistem penahan yang efisien adalah kelengkapan pengamanan pasif untuk menjamin keselamatan berkendara. Perangkat keselamatan ini merupakan standar bagi BMW, mencakup airbag di depan dan samping, airbag untuk melindungi kepala di kursi depan dan belakang.

Kokpit

Tempat duduk multi fungsi M yang merupakan hasil kreasi baru diciptakan untuk memberikan perlindungan dari daya G-Force terhadap pengemudi dan penumpang di depan. Terutama pada saat mobil melakukan belokan secara tiba-tiba yang menghasilkan daya tekan kesamping terhadap tubuh pengemudi.

Tempat duduk fungsional M ini memiliki pengatur elektris untuk ketinggian, maju mundur dan sudut sandaran kepala. Juga dilengkapi dengan lumbar support, fungsi memori dan manual untuk penyesuaian penahan paha.Tempat duduk fungsional M ini juga terintegrasi dengan active head restraint untuk mengurangi potensi luka karena benturan belakang.

Bagian instrumen menggunakan teknologi black panel dengan desain lingkaran yang klasik khas BMW M, dengan jarum warna merah dan putih serta logo M. Sistem iDrive dengan monitor layar datar 10,2 inci frame dari krom, juga dilengkapi dengan Navigation system Professional.

Di sekitar gagang persneling di konsol tengah, terdapat sejumlah tombol yang dapat dipilih. Dengan tombol tersebut pengemudi dapat memilih beberapa program seperti DSC mode, karakter kerja mesin, Dynamic Damper Control mapping, respons M Servotronic dan M Dual Clutch Transmission (DCT) Drivelogic. Dengan begitu, pengemudi dapat sekaligus menentukan setting konfigurasi laju kendaraan dengan cara menekan salah satu tombol M Drive pada kemudi multifungsi.

All New BMW M6 Coupe juga dilengkapi Comfort Access System, Head-Up Display yang berwarna dengan data mengemudi spesifik M, Bang & Olufsen High End Surround Sound System dengan 16 loud speaker dan output 1.200 watt. BMW M6 Coupe dijual dengan harga Rp 2,398 miliar off the road.(kpl/nzr/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail