HOME » REVIEW » ALL-NEW FORD RANGER, DEFINISI ULANG TRUCK PICK-UP

All-New Ford Ranger, Definisi Ulang Truck Pick-Up

Senin, 06 Agustus 2012 14:15



All-New Ford Ranger, Definisi Ulang Truck Pick-Up
All-New Ford Ranger (Foto: Nazar Ray)
Mobil Terkait : Mobil Ford Ranger Dijual

Otosia.com - PT Ford Motor Indonesia (FMI) akhirnya resmi meluncurkan All-New Ford Ranger ke pasar Indonesia di Ancol, Jakarta. Tak hanya menggabungkan ketangguhan dan kemampuan truk pick-up dengan teknologi pintar, keamanan mumpuni, hemat bahan bakar, tapi All-New Ford Ranger dirancang untuk mendefinisi ulang segmen truk pick-up di Indonesia.

All-New Ranger tersedia dalam lima varian, yakni 2.2L Hi-Power MT 4x4 XLT & XLS double cabin, 2.2L Mid-Power MT 4x4 XL RAS cabin, dan 2.2L Mid-Power MT 4x4 BASE single dan double cabin.

All-New Ranger ditawarkan dalam single, RAS dan double cabin. Bersama dengan serangkaian panjang fitur praktis yang tersedia dalam berbagai pilihan seri. Jenis kabin tersebut cukup lega.

Pick-up ini menyediakan daya muat yang mengesankan dan pada saat yang sama, dilengkapi dengan fitur inovatif dan kenyamanan yang diinginkan dan bernilai bagi penggunanya.

Selama hampir 20 tahun, Ranger telah menjadi salah satu pick-up Ford yang paling populer di seluruh dunia, yang menghadirkan kemampuan Ford Tough Truck kepada jutaan pelanggan. Setelah melewati program pengembangan global yang komprehensif, All-New Ranger dibangun di atas warisan yang kuat dan sekarang telah siap untuk menciptakan jalur baru di depannya.

Memancarkan kekuatan dan keyakinan dalam gaya yang disebut para desainer sebagai '21st Century Tough', Ranger yang ramping namun kekar menampilkan overhang pendek dengan kisi-kisi tiga palang di bagian depan, ciri khas rancangan truk global Ford.

Kaca depan dimiringkan ke belakang untuk menghasilkan siluet yang lebih sporty dan lebih dinamis, sementara bentuk kotak tradisional truk telah dipahat kembali untuk menghasilkan kendaraan yang tampil lebih modern dan aerodinamis.

Lampu depan, kaca spion dan bibir roda yang lebih besar memberi tampilan terintegrasi di semua varian sekaligus memberi kontribusi atas kuda-kuda yang agresif dan sporty.

Para desainer juga menaikkan beltline secara signifikan, bersama dengan rel pada bak muatan, menghasilkan keberadaan Ranger yang substantif di jalan sekaligus meningkatkan fungsionalitas kendaraan dengan bak muatan yang lebih dalam. Volume bak Double Cab termasuk yang terbesar dengan 1,21 meter kubik.

Dengan panjang 5.274 milimeter dan lebar 1.850 milimeter, tampilan All-New Ranger lebih besar daripada generasi sebelumnya. Ranger tetap mudah bermanuver di jalan perkotaan yang sempit dan pada saat parkir berkat sistem kemudi responsif yang tidak memerlukan lebih dari 3,5 putaran roda dari satu sisi ke sisi lain.

Interior

All-New Ranger menawarkan tampilan dan rasa kontemporer dengan fitur dan kenyamanan yang biasanya ditemukan pada mobil penumpang. Permukaan interior baru yang berani mendapatkan sentuhan akhir berupa bahan yang akan tahan terhadap tuntutan kerja berat, sekaligus memberikan tampilan berkualitas tahan lama.

Pilar B pada Ranger Double Cab juga telah dimajukan, menghasilkan ruang kaki dan lutut di kursi belakang yang lapang. Tiga penumpang dewasa dapat masuk dengan mudah ke baris kedua Double Cab, sementara dua orang dengan tinggi enam kaki dapat duduk dengan nyaman dalam satu deret depan belakang.

Dengan memaksimalkan penggunaan interior yang luas, Ranger menyajikan lebih dari 20 tempat penyimpanan di dalam kabin - lebih banyak tempat penyimpanan praktis daripada pesaingnya.

Kotak sarung tangan cukup besar untuk menyimpan laptop 16 inci, sementara poket di pintu dapat dengan pas menyimpan botol air berukuran 1,5 liter. Tempat penyimpanan yang cukup untuk telepon seluler dan barang kecil lain dapat ditemukan dalam konsol dan di tempat-tempat yang mudah dijangkau pengendara.

Di bawah tempat duduk belakang, area penyimpanan tersembunyi yang nyaman untuk peralatan dapat diakses dengan mudah. Siap menjadi pemimpin di segmen pick-up compact , All-New Ranger dilengkapi dengan teknologi pintar yang menjadikan pick-up ini lebih mudah, lebih aman dan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Varian 2.2L Ranger XLT hadir dengan integrasi Bluetooth, USB dan iPod, juga voice control untuk radio, CD, iPod, USB, dan telepon seluler.

Powertrain

Powertrain All-New Ford Ranger diciptakan untuk memberi kombinasi tenaga dan torsi sekaligus penghematan bahan bakar yang luar biasa kepada konsumen.

Kinerja konsumsi bahan bakar yang luar biasa ini menjadikan model All-New Ranger, yang dipasangi tangki bahan bakar berkapasitas 80 liter, jarak tempuh potensial lebih dari 1.000 km dengan hanya menggunakan satu tangki bahan bakar diesel. Semua mesin juga telah dikalibrasi untuk memenuhi standar emisi tertinggi di berbagai pasar yang berbeda.

Untuk pertama kalinya, Ranger Duratorq 2.2L VG Turbo 4x4 XLT akan tersedia dalam transmisi enam percepatan untuk memberikan pengurangan rpm mesin dan memperluas jangkauan perjalanan di jalan raya atau di lalu lintas kota.

All-New Ranger dirancang dan diuji untuk memastikan kendaraan tersebut dapat menghadapi tantangan paling berat sekali pun. Kemampuannya dalam memuat, melintas air, dan mendaki sangat mengagumkan.

Bahkan, kemampuan Ranger dalam melintasi air termasuk yang terbaik di segmennya, dengan kemampuan menyeberangi air sampai sedalam 800 milimeter, bahkan dengan muatan penuh. Ranger juga memiliki kapasitas muatan yang luar biasa, hingga lebih dari 1.400 kilogram serta ground clearance sampai 237 milimeter yang menakjubkan.

Sasis

Sasis seluruhnya baru yang memberikan lebih banyak kemampuan dan kesenyapan seperti pada mobil penumpang, pengurangan upaya dalam penggunaan kemudi, penanganan yang lebih presisi, serta peningkatan kestabilan on-road jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Di bagian depan, secara keseluruhan dilengkapi suspensi baru. Suspensi coil-over-strut baru memampukan penyesuaian rancangan wishbone atas dan bawah yang lebih baik.

Pengaturan suspensi, walaupun sama dengan model berpenggerak dua dan empat roda, memiliki kemampuan unik dan telah disesuaikan dengan katup peredam dan tingkat daya pegas pada semua model untuk memberi kompensasi pada berat, pusat gravitasi, torsi mesin dan distribusi penggerak.

Dengan memberikan kendali kemudi yang lebih presisi kepada pengendara, sistem kemudi rack-and-pinion baru Ranger telah disesuaikan secara saksama untuk berkendara on-road yang responsif dan kemampuan manuver pada kecepatan rendah.

All-New Ranger memiliki kesenyapan kabin yang andal, atribut yang tidak sering diasosiasikan dengan truk pick-up. Mulai dari sekat yang lebih baik dan pintu yang lebih kaku sampai penggunaan bahan peredam suara pada pintu, atap dan bodi, All-New Ranger memperkenalkan penyempurnaan tingkat tinggi pada kebisingan, getaran dan kekasaran (noise, vibration and harshness/NVH).

All-New Ranger akan tersedia dalam berbagai jenis warna, seperti  Cool White, Black Mica, Highlight Silver, True Red, Metropolitan Gray, Copper Red, Sparkling Gold, Gunmetal Blue, Chilli Orange dan Aurora Blue.

Untuk harga, All-New Ranger 2.2L 4x4 BASE Mid-Power MT single cab Rp 254.000.000, All-New Ranger 2.2L 4x4 XL Mid-Power MT RAS cab Rp 264.000.000, All-New Ranger 2.2L 4x4 BASE Mid-Power MT double cab Rp 309.500.000, All-New Ranger 2.2L 4x4 XLS Hi-Power MT double cab Rp 330.500.000, dan All-New Ranger 2.2L 4x4 XLT Hi-Power MT double cab Rp 353.500.000.(kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail