HOME » REVIEW » AUDI A5, COUPE BERKARAKTER DAN UNIK
MOBIL DIJUAL

Audi A5, Coupe Berkarakter dan Unik

Audi A5, Coupe Berkarakter dan Unik
Audi A5 (Foto: Nazar Ray)
Selasa, 22 Mei 2012 16:20

Otosia.com - PT Garuda Mataram Motor (GMM) resmi merilis Audi A5. Model Coupe terbaru ini merupakan lanjutan kesuksesan Audi A5 yang sudah hadir dari tahun 2009. Audi A5 Coupe terbaru ditujukan bagi penikmat sedan coupe berperforma tinggi yang juga merefleksikan jati diri dengan status sosial dan gaya hidup yang tinggi serta kesuksesan pribadi.

Ia tampil mewah dan elegan. Sedan dua pintu ini terlihat begitu berkarakter, mewah dan sporty. Seperti ciri sedan premium Bavarian, A5 terlihat unik di kelasnya. Secara visual Audi A5 Coupe tidak hanya menawarkan unsur dinamis dan kepresisian desain, tapi juga unik dengan garis tegas dan kokoh namun halus.

Audi A5 Coupe berkonfigurasi tempat duduk 2+2, memadukan konstruksi bodi ringan yang didapat dari penggunaan bahan alumunium, baja dan bahan sintetis lainnya.

Model serta gaya pada Audi A5 merupakan strategi desain Audi yang berani. Terintegrasi dengan desain single-frame grille yang memiliki sudut pada bagian atasnya, bentuk lampu depan kini lebih modern dengan fitur LED daytime lights sekaligus penggunaan teknologi Xenon berikut dengan opsi sistem adaptive light dan lampu belakang yang mendapat sentuhan modifikasi berupa tambahan garis lampu LED.

Sementara, bodi secara keseluruhan sangat impresif dengan perpaduan tampilan yang kokoh dengan tingkat keamanan yang tinggi pada saat berbenturan sekaligus kenyamanan yang lebih baik dengan bobot yang lebih ringan pula. Spakbor depan kiri dan kanan telah menggunakan bahan alumunium ringan demi untuk meningkatkan distribusi beban kendaraan yang lebih efisien, serta desain aerodinamis yang telah di tune lebih baik termasuk tarikan garis pada bagian bawah mobil.


Dashboard Audi A5Dashboard Audi A5 Bagaimana dengan sektor dapur pacu? Mewah dan bertenaga, kata ini memang pantas berpadupadan dengan karakter unik dan sporty Audio A5 yang bertransmisi 8-percepatan otomatis multitronic, yang berfungsi mengatur tenaga dan torsi tinggi. Di balik kap mesinnya bersemayam mesin2.0-liter turbocharged 4 silinder direct injection dan inlet camsaft timing, serta saluran intake manifol yang bervariasi.

Dengan bekal engine tersebut A5 sanggup meletupkan tenaga sebesar 211 hp pada putaran 4.300 - 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 350 Nm pada 4.200 rpm. Audi A5 hanya butuh waktu 6,4 detik untuk melesat dari posisi diam ke 100 km/jam, dengan kecepatan maksimum menembus 243 km/jam.

Bahan Ringan (Aluminium)

Audi A5 Coupe memanfaatkan sistem suspensi canggih baik di depan dan belakang yang menggunakan bahan alumunium. Pengendalian yang presisi dan mudah juga dapat dinikmati berkat lengan ayun belakang berikut dengan suspensi berbentuk trapesium.  

Teknologi standar pada model A5 terbaru ini diantaranya pengaplikasian sistem power steering yang diatur secara elektromekanikal. Pengendalian dengan respon langsung serta memberikan rasa presisi yang lebih baik. Sistem kendali seperti ini ternyata memiliki keunggulan lainnya, yaitu mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,3 liter setiap 100 kilometer karena pada saat mobil di lintasan lurus tidak membutuhkan energi sama sekali.

Keunggulan penggunaan bahan ringan pada Audi A5 Coupe diciptakan untuk performa yang lebih sporty sehingga mampu mengoptimalkan potensi mesinnya hingga batas maksimum. Dengan penggunaan penggerak ban depan serta sasis yang telah diupgrade, seperti electronic stabilization program (ESP) dengan electronic limited slip differential, Audi A5 berhasil mencapai level kedinamisan dan kegesitan optimal.


Bagian belakang Audi A5Bagian belakang Audi A5 Fitur canggih lainnya adalah Audi drive select. Fitur tersebut mengatur beberapa elemen lain dalam satu sistem yang terintegrasi dengan power steering, engine management, automatic transmission, suspension dan automatic air conditioning. Pengendara bisa memilih masing-masing moda dimana fitur tersebut bisa langsung diaplikasikan, seperti comfort, auto, atau dynamic.

Audi Hold Assist, menghindari kendaraan menggelinding pada saat berhenti di permukaan jalan miring, sehingga lebih aman di saat akan melaju. Tyre Preassure Monitoring system yang akan memonitor kondisi tekanan angin masing-masing ban melalui sensor putaran ban.

Teknologi Assistance System dan Keamanan Aktif

Teknologi assistance system pada Audi A5 Coupe terbaru bahkan mampu memberikan pengendaraan yang lebih menyakinkan pengemudi. Beberapa sistem yang terdapat di dalamnya telah mendapat sentuhan lebih canggih dengan fungsi-fungsi terbaru.

Dilengkapi dengan main beam assist, sistem yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara saat gelap melalui pemindahan posisi lampu utama jauh atau dekat secara otomatis tergantung situasi dan kondisi lalu lintas.

Standar keamanan aktif Audi A5 dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS). Fitur ini membantu mobil mengurangi jarak pengereman pada keadaan yang krusial tanpa kehilangan kontrol pada mobil. Peningkatan keamanan juga dipadu dengan fasilitas 2 kantong udara adaptive airbag (volume mengembang sesuai posisi kursi) pada bagian penumpang depan dan pengendara, ditambah 2 side airbag dan 2 head airbag.

Pada bagian penumpang depan terdapat fungsi non-aktif. Tempat duduk, pintu dan dinding samping dibalut rapi dengan bahan kulit Milano menambah aroma kemewahan di dalam kabinnya. Audi A5 dilengkapi dengan setir multi fungsi untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan musik dan telepon.  

Audi A5 menawarkan pilihan warna hitam, putih dan silver, namun tidak menutup kemungkinan untuk pemesanan warna lainnya. Ingin menjelma menjadi pengemudi berkarakter dan sporty, sekaligus berkelas? Audi A5 boleh jadi pilihan. Siapkan kocek Rp 690 juta (off the road) Jakarta.

(kpl/nzr/bun)



Tags : Mobil Mewah , Audi









APA PENDAPAT ANDA ?