HOME » TAG » AUTO CAR » REVIEW » AUDI S8, HALUS DAN BEROTOT

Audi S8, Halus dan Berotot

Rabu, 09 November 2011 10:15



Audi S8, Halus dan Berotot
Audi S8

Otosia.com - Autocar Indonesia

Gadget Indonesia

Jika banyak kalangan merasa pesimis atas Audi S8 dikarenakan kualitas pengendaraan di jalanan yang kasar, namun anggapan itu bisa jadi luntur dengan hadirnya model paling baru, yang telah dibekali dengan beberapa kemajuan. Seiring dengan performa yang makin meningkat, konsumsi BBM juga berhasil ditekan.

Belum lagi pengendaraannya yang mantap, S8 kini semakin mendekati kualitas rival dekatnya, seperti BMW, Mercedes-Benz dan Jaguar. Hal itu salah satunya didongkrak oleh performa mesin 4.0 liter V8 twin-turbo, serupa dengan yang dihadirkan pada Audi S6 dan S7. Jantung mekanis ini dikembangkan bersama dengan Bentley, yang akan memasangkannya pada Continental GTdan GTC untuk tahun depan.

Salah satu fitur yang cukup canggih adalah bahwa mesin ini mampu berjalan hanya dengan empat silinder saat melaju santai, demi menghemat bahan bakar.

Pada S8 terbaru, tenaganya lebih besar 69 hp dan memiliki 108 Nm torsi lebih besar ketimbang model sebelumnya yang menggunakan mesin 'normally aspirated' (tanpa turbo) V10 5,2 liter. Karena itu, mesin baru itu terasa sangat berotot dan responsif sejak putaran awal.

Saat melaju perlahan dengan santai, Anda tak akan menyadari bahwa mesin sedang berjalan hanya dengan empat silinder, kecuali jika Anda memperhatikan indikator yang menyatakan bahwa mesin sedang 'santai' dan bekerja dengan empat silinder. Injak pedal akselerator dan rasakan bagaimana tenaga seolah mengisi setiap putaran mesin.

Silakan kagumi suaranya yang 'bulat' dan semakin 'nikmat' didengar saat akselerasi terus ditambah. Torsi besar dan penggunaan gerak empat roda Torsen menghasilkan akselerasi 0 - 100 kpj dalam 4,2 detik. Transmisi 8-speed yang telah diperbaharui mampu berpindah dengan baik dan akurat. Sedangkan fitur 'stop-start' (mesin otomatis mati ketika mobil berhenti dan menyala kembali saat pedal rem dilepas), membantu S8 membukukan 9,7 kpl konsumsi bahan bakar.

Kelebihan Audi yang sangat terasa adalah pengendaraannya di jalanan yang lembab ataupun basah. Menginjak pedal gas dengan dalam saat keluar dari tikungan pelan, tak akan mengganggu ketenangan dalam pengendaraan. Sebagai mobil yang didesain untuk segala musim, hal ini sangat bagus, meskipun stirnya terasa biasa saja. (autocar/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail