HOME » REVIEW » BMW M5, SERIGALA BERBULU DOMBA

BMW M5, Serigala Berbulu Domba


BMW M5, Serigala Berbulu Domba
BMW M5 (Foto: Nazar Ray)
Rabu, 11 April 2012 16:10

Otosia.com - Generasi kelima BMW M5 telah resmi mengaspal di Indonesia. BMW telah mempertahankan tradisi model-model pendahulunya, sehingga BMW M5 terbaru sekali lagi menciptakan performa yang terbaik untuk sebuah mobil sedan. Meski terlihat elegan sebagai sedan salon mewah, BMW M5 punya kekuatan tersembunyi dibalik kap mesinnya.

Siap memacu adrenalin dan memberi kejutan buat pemiliknya, memberikan sensasi balap ketika duduk dibalik kemudi. Ini bukan hanya karena BMW M5 mengusung teknologi canggih dan memiliki pengendaraan prima yang merupakan ciri khas mobil-mobil BMW M, tapi juga lantaran mobil ini sanggup memenuhi aspirasi pencinta mobil sport dan memadukannya dengan sebuah salon premium kelas atas.

Maka tidak salah jika sedan ini diibaratkan sebagai serigala berbulu domba. Elegan dan mewah dari segi tampilan, namun bermesin galak. Dengan modal mesin V8 baru 4,4-liter yang didukung M TwinPower, model ini sanggup menghasilkan tenaga 560 dk pada putaran 6.000 hingga 7.000 rpm, serta torsi maksimum 680 Nm pada putaran antara 1.500 sampai 5.700 rpm.

M TwinPower yang dibenamkan terdiri dari Twin Scroll Twin Turbo, exhaust manifold yang bersilangan, High Precision Injection, dan fully variable valve control VALVETRONIC).

Mesin BMW M5
BMW M5 sanggup melesat dari posisi diam hingga menyentuh kecepatan 100 km/jam hanya dalam 4,4 detik. Yang menjadi catatan, mobil ini ternyata tidak rakus melahap bahan bakar. Walaupun dibekali tenaga agresif, dan sekalipun tenaganya telah ditingkatkan hingga 10 persen, dan torsi maksimum juga diangkat hingga 30 persen, BMW M5 ini berhasil menghemat 30 persen konsumsi BBM dibanding model pendahulunya.

Keseimbangan yang kian terjaga antara peningkatan performa dan efisiensi konsumsi BBM dapat tercapai berkat digunakannya mesin V8 serta teknologi EfficientDynamics yang makin maju, termasuk fungsi Auto Start-Stop yang diintegrasikan dengan M Double Clutch Transmission Drivelogic tujuh percepatan.

Untuk mengubah tenaga mesin menjadi performa yang mengesankan, BMW M5 meningkatkan teknologi sasisnya, termasuk sistem peredam kejut yang dikendalikan secara elektronis, sistem kemudi Servotronic M, sistem kontrol stabilitas dengan M Dynamic Mode serta sistem pengereman performa tinggi, yang semuanya dikembangkan dari pengalaman di arena balap.

Teknologi ini yang dipadu dengan fitur-fitur spesifik M, mendorong optimalnya kerja sistem pendingin serta aerodinamika, yang semuanya menciptakan paduan yang harmonis khas mobil-mobil M. Perpaduan antara mesin, sasis dan desain telah disempurnakan dalam pengujian yang dilakukan di sirkuit Nordscheleife, Nurbugring. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan bahwa mobil ini memiliki akselerasi longitudinal dan lateral yang tak terkalahkan, pengendaraan dan performa pengereman yang sempurna.

Sedangkan teknologi Active M Differential yang inovatif berfungsi untuk mengoptimalkan perpindahan tenaga dari mesin menuju roda belakangnya. BMW M5 terbaru ini bukan hanya sedan sport performa tinggi yang dinamis dan garang di lintasan balap, tetapi juga menjadi benchmark terbaru sebagai sedan sehari-hari dengan kenyamanan tinggi yang dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif.

Interior

Agresifitas di sektor dapur pacu diimbangi dengan tampilan dan fitur-fitur sarat teknologi terkini di bagian dalam. Bagian interiornya dilengkapi dengan konsep kontrol dan berbagai fitur inovatif membuat nuansa M yang kian kental. Sport seat multifungsi M, kemudi M berbalut kulit, serta berbagai fungsi kontrol dan konsol tengah yang berkarakter M membangkitkan nuansa sport klasik pada kokpitnya.

 

Dashboard BMW M5Kabin penumpang BMW M5Panel dashboard BMW M5

Interior BMW M5

 

Untuk pertama kalinya, terdapat fitur dua tombol M Drive yang bisa dipilih oleh pengemudi untuk setting-an mobil sesuai dengan keadaan. Lebih dari itu, mobil ini juga menggunakan material kualitas tinggi dengan pengerjaan yang sempurna, belum lagi ruang yang lega, serta berbagai fitur yang merupakan perlengkapan standar yang terdapat pada rangkaian model BMW Seri 5.

BMW M5 juga mengusung berbagai fitur teknologi tinggi, seperti BMW M Head-up Display, rear view camera, Comfort Access, HiFi system professional LOGIC 7, BMW Navigation system Professional dengan layar monitor ukuran 10,2 inci, USB Audio Interface dengan Hard disk 12 GB, Bluetooth office dengan audio streaming, dan Voice control.

Jadi, jangan tertipu dengan penampilannya, mobil ini punya cita rasa kecepatan yang berbeda dengan sedan elegan kebanyakan. Mau mencoba menunggangi 'serigala'? Siapkan dana Rp 1.988.000.000 (off the road) untuk memboyongnya. (kpl/nzr/bun)

Lihat Galeri Foto dari BWM M5


Mobil Terkait : Mobil Bmw Dijual








APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail