HOME » REVIEW » CHEVROLET SPIN SELAYANG PANDANG

Chevrolet Spin Selayang Pandang

Rabu, 20 Februari 2013 12:20



Chevrolet Spin Selayang Pandang
Chevrolet Spin (Foto: Nazar R)

Otosia.com - Walau belum diluncurkan resmi, akhirnya PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) mengajak jurnalis untuk mengintip langsung proses perakitan Chevrolet Spin di pabriknya di Bekasi, mulai dari lempengan baja hingga menjadi kendaraan utuh.

Tidak banyak informasi yang digali, baik harga ketiga varian maupun hasil uji tes. Beberapa rekan media hanya menjadi penumpang sebentar di area pabrik, untuk merasakan sebagai penumpang, sekaligus menguji suspensi di area tes unit di jalan bumpy. Hasilnya, reborn kedua suspensi cukup empuk dirasa.

Sayang rasanya jika tidak memperhatikan detail mobil yang sudah jadi, walau hanya sedikit yang bisa diungkap.

Interior Chevy Spin

Misalnya, ketika duduk di interior, terasa lapang. Hanya saja bagian atap terasa lebih pendek. Tapi jangan lantas menyebutnya sebagai kekurangan. Justru inilah salah satu kelebihannya, bagian atas ruang tengah dan belakang dijejali AC yang menyatu dengan plafon.

Sehingga tidak memakan tempat di atas, tidak seperti instalasi AC Double Blower konvensional. Tak heran hembusan udara dingin di kabin Spin pun menyebar rata ke seluruh ruangan.

Fascia Chevy Spin

Berkat desain apik, interior calon penantang kuat Avanza dan Ertiga ini terasa lapang dan mewah. Mulus, lega dan penuh gaya.

Seperti diceritakan di awal, jalan bergelombang tidak lagi mengurangi kenyamanan penumpangnya ketika berkendara. Dengan suspensi jenis penopang MacPherson, pengemudi dan penumpang dapat dibuat nyaman, termasuk melibas lubang.

Sistem Suspensi dan Roda Chevy Spin

 Tak hanya itu, power steering hidrolik membantu pengemudi bermanuver di tikungan tajam dengan lebih mumpuni.

Chevy Spin

Interior

Chevrolet Spin memiliki cukup ruang yang nyaman untuk 7 orang penumpang. MPV ini menyediakan ruang kaki yang cukup leluasa. Untuk kursi baris ketiga atau jok belakang dapat dilipat ke depan agar kapasitas penyimpanan menjadi lapang.

Rasanya tak ada yang sulit bagi The All New Chevrolet Spin. Jok yang dapat dilipat dengan rasio 60/40, dan jok baris ketiga yang dapat dilipat memungkinkan penumpangnya dapat dengan mudah masuk dan keluar.

GM mengklaim Spin dibekali kerangka bagian luar yang kokoh. Hal ini kemudian didukung oleh airbags dan anti-lock braking system (ABS), juga immobilizer.

Kerangka Luar Chevy Spin

Chevrolet Spin juga menawarkan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan pada tipe bensin 1.5L. Hal ini tidak dijumpai pada pesaing sekelasnya. Bahkan Spin menyajikan alternatif pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Sementara varian lain menawarkan mesin diesel turbo injeksi dengan commonrail 4 silinder 1.3L, yang menghasilkan torsi sebesar 190 Nm dan 75 hp. Chevrolet Spin juga tersedia dalam mesin bensin 1.2L dan 1.5L.

Varian Spin LS dan LT dibekali mesin bensin 1.2L 4 silinder DOHC 16 Valve Dual VVT-i, model LT lain menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder DOHC 16 Valve Dual VVT-i.

 Mesin yang digunakan Spin LT 1.5L sama dengan tipe LTZ. Sedangkan mesin diesel 4 silinder Commonrail Direct Injection Turbo terdiri atas tiga tipe, yakni 1.3 LS, 1.3 LT dan 1.3 LTZ.

Mesin Chevy Spin

Selain mesin, ada beberapa hal yang membedakan satu varian dengan model yang lain. Pada model Spin 1.2 LS/LT, 1.3 LS/LT dan 1.5 LT inside door handle berwarna hitam (black), sementara krom hanya terdapat pada varian 1.5 LTZ dan 1.3 LTZ.

Di bagian kokpit, trim seat cloth & warna trim kursi Spin 1.2 LS/LT, 1.3 LS/LT dan 1.5 LT adalah Timber & Urban, model 1.5 LTZ dan 1.3 LTZ bernuansa Lumini & Light Platinum.

Desain steering wheel varian Spin 1.2 LS, 1.2 LT, 1.5 LT, 1.3 LS, 1.3 LT sama, yakni 3 spoke PU with golden bow tie. Chevy Spin tipe 1.5 LTZ dan 1.3 LTZ juga sama, berupa 3 spoke with golden bow tie dan silver trim plate.

Panel Kontrol Entertainment

Sementara sistem audio juga memiliki kelengkapan berbeda. Sistem audio Spin 1.2 LS, 1.3 LT, dan 1.3 LTZ terdiri dari AM/FM stereo, seek/scan, clock, ETR, USB with 4-speaker, Spin 1.2 LT, 1.5 LT, dan 1.5 LTZ dimodali AM/FM stereo, seek/scan, CD, ETR, clock DSP, MP/WMA, USB, AUX/IN, Wireless Interface (Bluetooth) dengan 4-speaker.

Spin tipe 1.3 LS hanya dilengkapi AM/FM stereo, seek/scan, clock, ETR, USB with 4-speaker.

Varian Spin termurah LS 1.2L dijual sekitar Rp 139 juta. Untuk semua Chevrolet Spin, GM memberikan garansi selama 3 tahun tanpa batas kilometer.

Eksterior Chevy Spin

Buritan Chevy Spin(kpl/nzr/abe)









APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail