HOME » REVIEW » 'DUO' BMW M6 GENERASI KETIGA, SERUPA TAPI TAK SAMA! (1)

'Duo' BMW M6 Generasi Ketiga, Serupa Tapi Tak Sama! (1)

Rabu, 15 Februari 2012 08:15



'Duo' BMW M6 Generasi Ketiga, Serupa Tapi Tak Sama! (1)
'Si Kembar' BMW M6, serupa tapi tak sama (Foto: Motortrend)
Mobil Terkait : Mobil Bmw Dijual

Otosia.com - Ketenaran M Performa dari varian M6 kini telah kembali setelah 2 tahun mengalami kekosongan. Dan kini M6 Coupe hadir dengan tenaga yang lebih besar, lebih atletis, lebih terfokus, lebih mewah, dan lebih irit bahan bakar dari pada generasi sebelumnya.

Sejak pertama kali BMW M6 diperkenalkan pada 1987, kendaraan ini dicontohkan sebagai kendaraan sport yang mewah dan cocok dipakai dalam keseharian. Dan merupakan model tertinggi dari BMW Coupe yang mengkombinasikan dengan performa sebuah supercar. Dan M6 Coupe generasi ketiga ini akan tetap menawarkan kendaraan sport dengan 4 tempat duduk.

Dan sebagai promosi awal BMW akan memperkenalkan 2 model berbeda ini pada 2 ajang yang berbeda. Untuk varian M6 Coupe akan diperkenalkan pada ajang Geneva International Auto Show 2012 pada bulan Maret. Sedang untuk varian Convertible akan diperkenalkan pada ajang New York International Auto Show 2012 pada bulan April.

Seperti pada varian M5 sedan saudaranya, model terbaru M6 ini juga akan mendapatkan performa yang tinggi sebagai mobil sport. Dimana diharapkan memiliki sebuah potensi yang sangat besar sebagai mobil sport tapi juga nyaman dalam digunakan sehari-hari. Selain itu M6 terbaru ini memiliki sebuah inovasi baru serta mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang irit.

Tampilan depan BMW M6 Coupe 2013
Pada kedua model terbaru M6 ini akan menggunakan teknologi mesin yang sama yang pastinya lebih bertenaga. Dan sumber tenaga besar yang dihasilkan mesin tersebut merupakan karya dari BMW M GmbH yang juga sanggup menghasilkan sebuah torsi yang besar. Performa mesin yang baru ini akan digabungkan dengan 7 percepatan M-Double Clutch Transmission (M-DCT).

Selain itu penggunaan sebuah inovasi baru Active M Differential akan mampu mengoptimasikan penyaluran tenaga mesin diantara roda belakangnya. Pada drivetrain ini, telah dikombinasikan pada chassis yang lebih panjang dan pada suspensinya telah di upgrade untuk bisa menyesuaikan performa mesin baru agar kendaraan mampu melekat pada jalanan dengan baik.

Performa Mesin

Untuk masalah mesin sebenarnya M6 berbagi dengan M5 yang diketahui mampu menghasilkan performa mesin yang tinggi dengan menggunakan BMW M Performa. Walau memiliki performa yang tinggi, mesin ini memiliki tingkat efisiensi yang tinggi pula.

Pada mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga 10% lebih besar dari pada mesin V10 yang digunakan sebelumnya. Dan untuk torsinya pun dapat meningkat 30% berkat teknologi baru ini. Sedang untuk konsumsi bahan bakar serta emisi CO2 telah berkurang sebanyak 30% dari generasi sebelumnya.

Untuk pencapaian performa di tingkat ini, para insinyur di BMW M terlebih dahulu membuktikan memberikan mesin V8 ini pada BMW X5 M dan X6 M (yang diketahui dengan kode S63). Dan selanjutnya hasil pengembangan ini diberikan pada M5 dan M6 terbaru dengan menggunakan kode S63Tu. Dimana mesin baru ini mampu menghasilkan tenaga besar dengan menggunakan konfigurasi V8 dengan menggunakan M TwinPower Turbo Technology.

Dan mesin baru konfigurasi V8 ini akan memiliki kapasitas mesin 4.4 Liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 560 dk pada 5.750 rpm-7.000 rpm, serta akan menghasilkan torsi sebesar 680Nm pada putaran 1.500 rpm-5.750rpm. Dengan puncak putaran mesin tertinggi di 7.200rpm.

Tampilan belakang BMW M6 Coupe 2013
Sedang pada mesin S63 yang digunakan pada X5M dan X6M hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 555dk pada 6.000rpm. Dan mesin terbaru ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan pada M6 sebelumnya menggunakan konfigurasi mesin V10.

M TwinPower Turbo Technology pada mesin baru V8 ini juga termasuk teknologi BMW Double VANOS Infinitely-Variable Valve Timing System dimana mampu mengoptimalkan efisiensi mesin serta mampu menghasilkan torsi kendaraan pada putaran rendah.

Selain itu, teknologi ini mampu mengendalikan volume pompa minyak dan dengan adanya EfficientDynamics mampu memberikan dorongan ekstra untuk mesin lebih efisiensi. Pada kedua varian BMW M6 ini juga memiliki fitur Brake Energy Regeneration dan fungsi Auto Start-Stop, yang secara otomatis mematikan mesin ketika mobil dalam keadaan berhenti.

Penggunaan teknologi baru ini, kedua model baru ini didapati hasil waktu yang berbeda saat berakselerasi dari 0-100km/h. Untuk M6 Coupe berhasil mencatatkan waktu 4.2 detik, sedang pada M6 convertible didapatkan dengan waktu 4.3 detik. Dan saat berakselerasi dari 0-200km/h, sang Coupe dapat mencapai waktu 12. detik sedang saudaranya mencapai waktu 13.1 detik. Dan kecepatan puncak pada kedua kendaraan ini dibatasi secara elektronik hanya mampu mencapai 250 km/h.

Berkat M TwinPower Turbo Technology pada mesin V8 ini, suara mesin M6 sekarang memiliki ciri khas sendiri yang sama dengan M5. Dan suara yang di hasilkan ini dikarenakan twin-tailpipe exhaust system yang lebih besar serta pada bagian percabangan juga terjadi pembesaran. Dua pipa exhaust ini terhubung ke single muffler dimana dibuat khusus oleh M Quad sehingga pipa bisa diperpanjang ke kanan maupun ke kiri yang bersebelahan dengan perangkat diffuser.

Transmisi

Ketangguhan mesin baru ini akan dipasangkan dengan teknologi transmisi 7 percepatan double-clutch, dimana didesain agar mampu mengatasi putaran torsi yang besar dan juga keganasan performa mesin baru ini.

M-Double Clutch Transmission (M-DCT) dengan Drivelogic System memang disediakan khusus untuk M6 terbaru ini yang sudah disesuaikan dengan karakter barunya. Pada kedua varian akan menggunakan transmisi otomatis yang akan mampu memberikan perpindahan gigi yang lebih halus dan cepat baik saat mode otomatis (D) maupun mode manual (S).

Gambar mesin BMW M6
Untuk pemilihan transmisi mode manual (S), M6 terbaru ini menggunakan gearshift mode. Dimana pengemudi nanti bisa mengganti gigi secara manual dengan menggunakan shift pedal layaknya mobil balap F1 pada lingkar kemudi yang baru dengan berbalut kulit dari M.

Untuk shift pedal yang digunakan merupakan tipikal M Configuration, dimana pedal sebelah kanan untuk menaikkan gigi dan yang sebelah kiri untuk menurunkan gigi. Lingkar kemudi baru M ini memiliki diameter yang lebih kecil dibanding lingkar kemudi varian sebelumnya, Dan konsep desainnya sendiri diambil dari double-spoke dari velg M Light-alloy.

M-DCT dengan Drivelogic System ini menawarkan 3 program perpindahan gigi baik di pemilihan mode manual maupun otomatis. Yang pertama untuk mode otomatis (D).

D1: Dipilih secara otomatis ketika mesin dimulai, menyesuaikan pilihan gigi untuk memberikan gaya mengemudi yang paling efisien

D2: Merupakan mode santai, dimana pergantian gigi akan disesuaikan dengan putaran mesin dan juga beban.

D3: mode ini diperuntukkan gaya mengemudi yang sporty digabungkan dengan kemampuan akselerasi dinamis. Pemilihan mode ini, perpindahan gigi akan terjadi hanya pada putaran tinggi saja.

Pengemudi dengan karakter sporty bisa menggunakan pemilihan mode manual (S) yang juga menyediakan 3 pilihan.

S1: Diperuntukkan pemindahan gigi yang nyaman dan halus

S2: Pemilihan ini, perpindahan gigi dapat dilakukan dengan cepat sesuai dengan injakkan kaki kita pada pedal gas pada putaran tinggi.

S3: Nah untuk yang satu ini, bagi anda yang ingin benar-benar merasakan performa mesin M6 secara maksimum, dan penggunaan mode ini Launch Control juga harus dalam keadaan On. Dan untuk merasakan akselerasi sesungguhnya dari M6 terbaru ini, pengemudi dapat mematikan Stability Control System (saran: perhatikan kondisi sekitar saat menggunakan mode ini)

Hanya satu hal yang disayangkan, tenaga dan performa besar ini dibatasi sehingga walau penggunaan mode S3, kedua M6 terbaru ini hanya bisa mencapai kecepatan puncak yang sudah diatur di ECU dengan batas maksimal 250 km/h. Jika menginginkan lebih tentunya para pemiliknya nanti harus membawanya ke rumah modifikasi special BMW untuk meng-unlock speedlimiter.

(Bersambung) (kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail