HOME » REVIEW » HONDA FREED TAWARKAN DESAIN FUTURISTIK

Honda Freed Tawarkan Desain Futuristik


Minggu, 15 November 2009 11:13

Otosia.com -

Cari: MOBIL BEKAS & BARU

Sekitar akhir bulan Juni tahun lalu PT. Honda Prospect Motor resmi merilis Honda Freed di tanah air dan Indonesia patut berbangga karena menjadi negara kedua tempat dirilisnya Freed setelah negeri asalnya, Jepang. Konon, dalam waktu singkat mobil yang dibuat berbasis platform yang juga digunakan Jazz ini sudah berhasil merebut minat pasar mobil di tanah air.

Honda Freed

Honda Freed sendiri sebenarnya sudah diproduksi mulai tahun 2008 dan dimaksudkan sebagai pengganti dari Honda Mobilio yang dihentikan masa produksinya. Seperti juga Honda Jazz dan Honda Fit, Freed ini menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc. Meski menggunakan mesin sama namun beberapa modifikasi yang telah dilakukan membuat mesin Freed ini menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari mesin yang terpasang pada Honda Jazz.

Menurut data, mesin Freed mampu menghasilkan torsi sebesar 148Nm atau naik sekitar 3Nm dari mesin Honda Jazz. Sayangnya tenaga yang dihasilkan justru malah turun menjadi 118 daya kuda dari tenaga maksimal yang semula 120 daya kuda. Namun tentu saja bukan soal tenaga saja yang membuat Honda Freed ini jadi menarik. Beberapa fitur keamanan yang diusung Freed ini malahan mampu menghasilkan 6 bintang dari Japan New Car Assessment Car Program (JNCAP).

Honda Freed

Secara fisik, Honda Freed yang memiliki dimensi 4,215 x 1,700 x 1,735 meter ini berada di tengah antara Toyota Avanza dan Nissan Grand Livina. Ditambah lagi dengan posisi tangki bahan bakar yang tepat berada di tengah membuat interior Honda Freed ini terasa lapang dan mampu mengakomodasi tujuh penumpang tanpa harus menjadi berdesak-desakan.

Kesan Futuristik sepertinya adalah misi pada desainer Honda saat merancang Freed ini. Secara keseluruhan desain Freed terlihat bersih dengan garis-garis tegas yang membuat Freed ini berkesan dinamis. Mengusung konsep body triangle square, pilar B dirancang membentuk segi tiga sehingga jarak pandang pengemudi jadi lebih leluasa. Menariknya lagi pintu penumpang menggunakan konsep pintu geser elektrik sehingga memudahkan akses saat mobil diparkir di area yang sempit.

Honda Freed

Agar lebih menyatu, desain interior pun dirancang menggunakan konsep dasar yang sama, futuristik. Kesan futuristik ini semakin terasa kuat dari desain meter cluster yang ditempatkan di depan pengemudi dan tidak terhalang oleh lingkar kemudi. Soal harga, PT. Honda Prospect Motor mematok dua harga yang berbeda untuk dua varian yang ditawarkannya, Rp237 juta untuk yang menggunakan transmisi otomatis dan Rp257 juta untuk yang sudah dilengkapi dengan Power Sliding Door. Konon, Honda sudah berencana untuk melepas versi hybrid tahun 2011 nanti.(kpl/roc)

SPESIFIKASI
Vehicle Type:Mini MPV
Engine:L15A VTEC I4
Displacement:1.497 cc
Power:118PS @ 6.600rpm
Torque:14,9Kgm @ 4.800rpm
Transmission:CVT
Length:4.215mm
Width:1.700mm
Height:1.735mm
Wheelbase:2.740mm
Weight:-
Zero to 60 mph:-
Top speed:-
Fuel Economy:-
Official Site:www.honda-indonesia.com

Lihat Galeri Foto:

Honda FreedHonda FreedHonda Freed

Cari: MOBIL BEKAS & BARU










APA PENDAPAT ANDA ?
2013-7-6
detail