HOME » REVIEW » MAZDA CX-5, THE SKY IS THE LIMIT!

Mazda CX-5, The Sky is The Limit!

Jum'at, 11 Mei 2012 14:38



Mazda CX-5, The Sky is The Limit!
All-New Mazda CX-5 (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - SUV dengan desain garis dan lekukan-lekukan tajam, agresif dan sarat teknologi terbaru Skyactiv telah resmi mengaspal di Indonesia. Compact crossover SUV tersebut tak lain adalah All-New Mazda CX-5. Dua varian sekaligus dihadirkan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk pasar Indonesia. Dengan mengusung teknologi terbaru Mazda, Skyactiv serta konsep rancangan bertema Kodo-Soul of Motion, All-New Mazda CX-5 tampil sebagai pelopor pengembangan kendaraan di masa datang.

All-New Mazda CX-5 merupakan model pertama yang secara penuh mengadopsi seluruh elemen teknologi Skyactiv, Skyactiv-G, Skyactiv-Drive, Skyactiv-Body dan Skyactiv-Chassis, sehingga menghadirkan pengalaman berkendara yang hemat bahan bakar. Dengan teknologi Skyactiv, tak heran jika CX-5mengusung jargon: 'The Sky is The Limit'

Rancang tampilan, kinerja yang dinamis, aspek fungsional, lingkungan serta keselamatan mendapat perhatian khusus untuk menciptakan kendaraan yang stylish yang memberikan pengalaman berkendara sesuai harapan serta responsif, dilengkapi fitur-fitur yang bermanfaat dan dapat dinikmati untuk waktu yang lama.

Pada sektor interior, begitu pintu dibuka dijumpai kelegaan pada All-New Mazda CX-5, yang terasa nyaman bagi penumpang di berbagai situasi. Pembagian tempat duduk 40:20:40 dengan kursi terpisah yang dapat dilipat serta konfigurasi lipat karakuri membuat dua orang penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman di kursi belakang sambil mengangkut benda yang panjang. Fungsi ini merupakan fitur standar yang dapat ditemui pada kelas Sport dan Touring.

Sementara itu, fitur standar yang dapat dijumpai di semua kelas meliputi kamera TFT Color Touch Screen 5,8 inch yang membantu saat parkir. Di sisi pintu terdapat wadah untuk meletakkan botol berkapasitas 1 liter.

Desain Kodo

Penjelmaan pertama dari 'KODO - Soul of Motion' nampak pada bagian ini. Jika bagian luar tampak begitu sportif dan kuat, sisi interior juga seolah mengundang orang untuk langsung mencoba mengendarainya. Desain bagian eksterior menampilkan gaya khas SUV yang kokoh dan fungsional sekaligus menghadirkan vitalitas dan gaya dinamis khas Mazda.

Model SUV terbaru Mazda ini hadir dengan desain generasi terbaru yang mencerminkan kekuatan dan penyerapan yang terbentuk dari 'signature wing' Mazda yang khas. Sisi samping menampilkan garis pelindung dan lekuk bodi samping yang mencerminkan kekuatan seperti guratan otot cheetah.

Ruang kabinnya berorientasi pada pengemudi sekaligus menampilkan kekuatan SUV. Sementara panel instrumen menggunakan material yang halus dan berkualitas tinggi. Dengan fokus pada aspek fungsionalitas dan desain, bagian-bagian dalam ruang pandang pengemudi, seperti tombol power window dan kompartemen di bawah panel utama, dihiasi dengan chrome satin berkualitas tinggi.

Skyactiv

Fokus utama dari teknologi ini adalah memastikan pengalaman berkendara yang efisien dan mulus saat bergerak maju, memutar maupun saat berhenti, sesuai harapan pengemudi, serta menciptakan perasaan nyaman bagi pengemudi dan penumpang. All-New Mazda CX-5 telah mengadopsi Teknologi Skyactiv secara utuh, yang mencerminkan kesungguhan Mazda untuk menghadirkan kenikmatan berkendara.

Evolusi yang linear dan harmonis antara mesin dan manusia menghasilkan jinba ittai yang memberi kenyamanan bagi pengemudi, dengan mesin yang secara cerdas dan ekonomis merespon keinginan pengemudi.

Terobosan Teknologi Skyactiv menciptakan complete driving command dalam semua aspek termasuk steering, handling and ride, pengereman dan NVH (Noise, Vibration & Harshness). Sedangkan pada aspek fungsional, Mazda mengonsentrasikan pada hal-hal mendasar untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan dikemas secara fungsional berdasarkan konsep berorientasi manusia

Pengemasan dikembangkan dengan tujuan untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi penumpang. Desain ini memberi kemudahan akses ke kabin dan kapasitas ruang bagasi yang luas.

Kursi pengemudi dirancang untuk memberikan kenyamanan duduk tegak selama mengemudi yang dapat mengurangi kelelahan, serta ruang kepala dan bahu yang lebih lega. Ruang kaki untuk kursi belakang mencapai 997mm sehingga nyaman bagi penumpang dewasa.

Dalam keadaan kursi belakang sedang digunakan, kapasitas bagasi mencapai 403 liter (VDA method) dan bila kursi belakang dilipat maka kapasitasnya meningkat menjadi 1570 liter (VDA method).

Fitur-fitur baru yang meningkatkan kenyamanan termasuk pembagian kursi belakang dengan komposisi 40:20:40 dengan fungsi lipat Karakuri (kursi dapat dilipat hanya dengan menyentuh tuas untuk menurunkan kursi hingga rata dengan lantai mobil) dan penutup Karakuri (perlengkapan standar untuk model Sport dan Touring yang dapat naik dan turun sesuai pergerakan pintu bagasi).

Efisiensi dan Keselamatan

Kinerja keselamatan dan lingkungan diterjemahkan Mazda lewat fitur keselamatan dan lingkungan yang inovatif yang mendukung kinerja dinamis. Implementasi teknologi Skyactiv secara utuh dan kinerja aerodinamis yang sangat baik menjadikan All-New Mazda CX-5 lebih ekonomis dalam konsumsi bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih bersih.

All-New Mazda CX-5 dibekali mesin Skyactif-G 2.0L yang menghasilkan konsumsi bahan bakar yang ekonomis mencapai 16 km/liter (JC08 mode, FWD model). Mazda CX-5 juga dikategorikan sebagai Super Ultra-Low Emission Vehicles (SU-LEV) dengan emisi buangan 75 persen atau lebih rendah dari yang diatur oleh peraturan pemerintah Jepang tahun 2010 mengenai emisi buangan serta memenuhi kualifikasi standar penggunaan bahan bakar yang ekonomis lebih 25 persen.

Dibandingkan dengan mesin konvensional 2.0L port-injected, All-New Mazda CX-5 memiliki keuntungan, diantaranya menghemat bahan bakar sampai 15 persen, torsi naik 15 persen, dan penurunan emisi CO2 sampai 15 persen.

Bidang pandang diagonal dan depan yang sangat baik sehingga mengurangi blind spot. Sedangkan sistem Sensor Parkir, Rear View Monitor, enam Airbags, Dynamic Stability Control dan Traction Control System merupakan perlengkapan standar untuk semua model.

All-New Mazda CX-5 memiliki bobot yang ringan namun kokoh berkat Mazda Skyactiv-Body, turut dilengkapi dengan 6 Airbags ( front, side and curtain), Dynamic Stability Control System dan Traction Control System sebagai perlengkapan standar keselamatan. Selain itu, All-New Mazda CX-5 juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih seperti Emergency Stop Signal System, Hill Launch Assist System dan Tire Pressure Monitoring System.

Soal peranti keamanan CX-5, telah diakui lembaga uji keselamatan di Jepang dan Amerika Serikat (AS). Sejak peluncuran perdananya di Jepang pada 16 Februari 2012, All-New Mazda CX-5 telah mendulang banyak pujian dan ulasan positif dari segala penjuru dunia. Di Jepang, target penjualan All-New Mazda CX-5 untuk satu tahun tercapai hanya dalam waktu 45 hari setelah peluncuran.

All-New Mazda CX-5 juga memperoleh 'Top Safety Pick' 2012 dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) di AS, peringkat tertinggi dalam kategori keamanan sebagai hasil dari uji crashworthiness. All-New Mazda CX-5 Sport ditawarkan dengan harga Rp375 juta untuk on theroad di Jakarta sementara All-New Mazda CX-5 Touring ditawarkan dengan harga Rp 410 juta (OTR Jakarta).

Dua varian CX-5 akan mulai tersedia di showroom resmi Mazda pada Juni 2012 dalam berbagai pilihan warna: Blue Sky Mica, Zeal Red Mica, Crystal White Pearl Mica, Aluminium Metallic, Metropolitan Grey Mica dan Black Mica. Ingin aktif berkendara secara nyaman dan aman, sekaligus menyenangkan? Boleh jadi teknologi Skyactiv Mazda CX-5 jawabannya.(kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail