HOME » REVIEW » MERCEDES-BENZ B-CLASS, MENJAWAB KEBUTUHAN KELUARGA KECIL

Mercedes-Benz B-Class, Menjawab Kebutuhan Keluarga Kecil

Kamis, 07 Juni 2012 16:45



Mercedes-Benz B-Class, Menjawab Kebutuhan Keluarga Kecil
The New B-Class (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) telah resmi melepaskan All New Mercedes-Benz B-Class pada hari Rabu (6/6) lalu untuk pasar Indonesia. Generasi kedua dari mobil berukuran kompak ini akan memberikan pilihan baru bagi kalangan modern yang membutuhkan kendaraan keluarga sarat teknologi canggih, sistem keselamatan terbaru, dan kemewahan. Secara substansi, B-Class terbaru dibangun untuk menjadi yang terbaik di berbagai sisi yang dibutuhkan sebuah kendaraan keluarga. B-Class tidak hanya sarat fitur canggih, ia juga irit bahan bakar. Pengemudi dan penumpang pun akan termanjakan dengan peranti-peranti canggih yang tersemat di dalamnya. Mobil ini tampil dengan desain yang semakin dinamis, lincah dan efisien, juga nyaman serta memberikan ruang lapang.Desain dan teknologi B-Class baru juga dikembangkan dengan terminologi terbaru Mercedes-Benz. Bahkan sistem yang menggerakkan mobil ini sepenuhnya baru, yaitu mesin empat-silinder dengan injeksi langsung (direct injection) dan turbo charging berikut transmisi kopling ganda (dual clutch) 7G-DTC.Selain itu ketinggian mobil di buat lebih rendah dan posisi tempat duduk lebih tegak sehingga menghasilkan tampilan sebagai kendaraan sport kompak dinamis yang layak dibawa berwisata.EksteriorB-Class terbaru memiliki tipikal sebagai kendaraan sport wisata Mercedes. Mobil ini menawarkan banyak ruang yang dikombinasi dengan performa dinamis layaknya sedan hatchback. Kesan tersebut tertuang pada garis berkarakter pada desain eksterior, dimana bagian depan dan belakang sportif berperawakan lebar.Grille radiator juga dibuat besar dan menyatu bersama lampu utama yang membentang hingga sisi bodi. Sementara bagian belakang didominasi jendela lebar, berpadu dengan sepasang lampu belakang horizontal yang menjalar hingga sisi bodi serta menyatu dengan pintu lebar berlantai rendah.

Eksterior Mercy B-ClassEksterior All New Mercedes-Benz B-Class

Dengan nilai hambatan angin (drag coefficient) hanya 0,27cd, B-Class terbaru memiliki tingkata erodinamis mumpuni. Selain memberikan pahatan eksterior aerodinamis, langkah-langkah optimalisasi juga banyak dilakukan pada titik-titik yang lebih detil, seperti aliran udara di sekitar roda depan, desain di bagian bawah bodi serta alur udara untuk pendinginan. Semua faktor itu telah memberikan dukungan pada tercapainya performa aerodinamis yang sempurna.Sebuah konsep kendaraan baru telah mendasari tercapainya desain dinamis pada B-Class terbaru. Aspek mencolok terdapat pada tinggi yang hanya mencapai 1.558 dari permukaan jalan, atau lebih rendah sekitar 5 cm dari model sebelumya. Sementara ketinggian bangku dari permukaan jalan juga dikurangi 86 mm dari B-Class generasi pertama.InteriorMenyeruak ke dalam, pada interior kesan besar bisa langsung tertangkap ketika kita melihat susunan dashboard yang dibuat dengan pola tiga dimensi. Tiga ventilasi bundar besar di tengah, dan nozel unik yang dirancang bersilangan juga telah menambah nilai sportif pada tatanan interior yang mengusung idiom desain emosional. Ditambah layar besar berwarna (TFT) di atas tiga ventilasi, kesan masa depan pada desain interior B-Class tak terbantahkan.

Dashboard B-ClassDashboard New Mercy B-Class

Selain itu kabin B-Class terbaru juga diisi lingkar kemudi sportif yang futuristik. Setir ini memiliki tiga batang: satu batang di tengah berfitur perak (silver shrome), sementara kedua batang disis kanan dan kiri masing-masing dilengkapi tombol tekan dan sebuah tombol untuk pembatalan program. Secara keseluruhan desain kemudi ini berkarakter sangat sportif.MesinB-Class 2012 dibekali mesin bensin empat-silinder terbaru berkapasitas 1.6-liter yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum 115 KW (156 hp) dengan torsi puncak mencapai 250 Nm pada putaran mesin 1.250 rpm. Meski performa yang dihasilkan tinggi, namun B200 hanya membutuhkan pasokan bensin 5,9 liter per 100 km. Sementara nilai emisi yang dihasilkan hanya 138 gram C02/km. Secara menyeluruh konsumsi bahan bakar B200 lebih hemat 12 persen dari pendahulunya.Keuntungan lain yang diberikan B-Class terbaru untuk penghematan bahan bakar adalah fungsi ECO start/stop. Fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis apabila mobil berhenti, seperti bila berada pada kemacetan lalu lintas. Untuk menghidupkan kembali mesin, pemakai perlu menekan pedal gas kembali. Secara manual fungsi ECO start/stop bisa dimatikan bila tidak diperlukan.B-Class terbaru, seolah sigap menyamankan pengemudi dan penumpangnya di dalam kabin, sekaligus menekan pengeluaran isi kantong akibat harga BBM yang terus melambung. Mau mencoba? Siapkan kocek Rp 439 juta (OTR) Jakarta untuk memboyongnya. (kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail