HOME » REVIEW » MINI COUPE DAN ROADSTER: IBARAT MEMBESUT GO-KART

MINI Coupe dan Roadster: Ibarat Membesut Go-Kart


MINI Coupe dan Roadster: Ibarat Membesut Go-Kart
MINI Coupe dan Roadster (Foto: Nazar Ray)
Kamis, 05 April 2012 18:45

Otosia.com - BMW Group Indonesia resmi memasukkan dua model MINI sekaligus di Indonesia, yakni MINI Coupe dan MINI Roadster, Senin (2/3). Keduanya melengkapi line up MINI yang lebih dulu hadir di Tanah Air, sekaligus memperkuat brand image MINI yang sedang dibangun di Indonesia.

Dua model ini tidak sekadar berbody minimalis, tapi menjanjikan pengemudinya ibarat menunggangi sebuah go-kart, lincah, gesit, mudah dikendalikan dan bertenaga, dan tentu saja ditunjang dengan fitur-fitur interior menawan.

Pilihan mesin, sasis, distribusi beban, serta aerodinamika pada MINI Coupe semuanya difokuskan untuk menciptakan performa optimal. Hasilnya, mobil baru ini memancarkan semua kelebihan yang dimiliki brand MINI termasuk pengendaraan go-kart yang seru serta meraih angka performa tertinggi yang pernah tercatat oleh model-model MINI lainnya.

MINI Coupe dan Roadster hadir dengan konsep bodi dan interior yang unik sebagai MINI pertama dengan dua penumpang, yang dibangun dengan sentuhan serba premium, baik dalam soal desain, kualitas, fitur, dan sentuhan-sentuhan pribadi pemiliknya. Keduanya memiliki daya pikat kuat bagi para fans MINI di Indonesia. Model ini juga menjadi andalan bagi segmen mobil sport super kompak.

MINI Coupe
Lihat saja bagian luarnya, versi Coupe merupakan model pertama MINI yang mengusung konsep three-box body dengan desain bagian belakang yang menawan. Desain khas MINI menampilkan garis-garis yang begitu kuat, menyatu dengan tampilan keseluruhannya yang penuh pesona.

Setiap detil garis menggoreskan kekhasan dan identitas model terbaru dan brand MINI. Atapnya bersiluet rata dan menyerupai helm memberikan penegasan sosok MINI Coupe sebagai sebuah mobil sport yang penuh daya tarik. Belum lagi dengan adanya roof spoiler yang menyatu, serta active rear spoiler, yang berfungsi mengoptimalkan aerodinamika pada saat mobil melaju.

Sepasang penumpang dapat merasakan kebetahan dan kenyamanan di dalam. Ada konsep spesial yang diusung mini pada modelnya ini. Konsep sebagai mobil dua penumpang terasa kuat dengan hadirnya sejumlah fitur di bagian interior, terutama tarikan garis-garis oval di bagian atap.

Mobil ini memiliki pintu belakang yang bisa terbuka lebar serta ruang bagasi yang lega, yang memudahkan keluar masuknya barang. Dengan begitu, MINI Coupe menjadi pilihan yang tepat sebagai mobil pendukung kegiatan sehari-hari, terutama ketika harus membawa serta berbagai peralatan hobi dan olahraga ataupun untuk perjalanan ke luar kota.

Tentu saja sudah menjadi ciri khas MINI yang cantik memadukan permainan desain warna frafis. Atap MINI Cooper S Coupe tampil dengan warna kontras dengan berbagai pilihan MINI Sport stripes. Tersedia juga beberapa pilihan kursi, door trim, trim strip, serta warna interior.

Sejumlah perlengkapan standar MINI Cooper S Coupe meliputi automatic air conditioning, speed-sensitive power steering, kaca spion elektris, Park Distance Control, sports seats bagi driver dan penumpang di depan, sport leather steering wheel yang dilengkapi shift paddle, Chrome Line Interior, lampu Xenon, Sports Button, Radio MINI Visual Boost dengan liquid-crystal display 6,5 inci yang menampilkan MINI Connected, sistem loudspeaker Harman Kardon HiFi, serta Bluetooth dengan USB Audio Interface.

MINI Cooper S Coupe dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.6-liter, dengan teknologi baru berupa fully variable valve management, sebuah twin-scroll turbocharger, serta petrol direct injection. Dengan begitu, mesin ini memiliki kelebihan berupa tarikan seketika.

Sementara itu, direct injection sendiri memungkinkan terciptanya suplai BBM dalam takaran yang sangat presisi menuju silinder, sehingga pembakaran berlangsung sempurna dan efisien. Kombinasi antara teknologi turbocharger, direct injection, serta variable valve management juga sanggup menghasilkan tenaga 184 hp pada putaran mesin 5.500 rpm.

Selain itu torsi maksimum mencapai 240 Nm meter pada putaran 1.600 rpm, dan dapat digenjot lagi hingga 260 Nm dalam sekejap saja, dengan memanfaatkan overboost untuk mendorong akselerasi. Berkat kemampuannya seperti itu, MINI Cooper S Coupe sanggup melesat dari posisi diam hingga menempuh kecepatan 100 km/jam hanya dalam 7,1 detik.

Sekalipun mungil, mobil ini mampu berlari pada kecepatan maksimal 224 km/jam. Tapi tetap saja mobil ini irit dalam hal konsumsi BBM. Dalam tes standar Eropa, konsumsi BBM hanya 15.6 km/liter dan emisi CO2 155 gram per kilometer.

Sistem suspensi pada mobil ini membantu menyulap semburan tenaga dari mesin menjadi pengalaman berkendara yang seru, juga lincah. Kombinasi dari teknologi suspensi depan serta front-wheel drive membuat MINI Coupe ini mampu menghadirkan pengalaman mengemudi berkarakter gokart.

Electric Power Steering (EPS) membuat MINI Coupe mudah dikendalikan dalam berbagai keadaan. Power steering dapat menyesuaikan diri dengan laju kendaraan, dan bekerja efisien berkat digunakannya motor listrik. Ada beberapa pilihan tingkat dukungan EPS, yang diatur dengan tombol pada centre console.

Ada tombol Sport, misalnya, power steering akan aktif dengan kekuatan standar. Ada juga tombol untuk dukungan power steering lebih besar lagi agar pengemudi bisa bersantai, dan karenanya power steering akan lebih responsif.

Dengan memencet tombol Sport beberapa kali juga akan mengubah tingkat respon gas, membuat tarikan yang lebih spontan. Dan untuk girboks otomatis enam percepatan, maka perpindahan gigi akan berlangsung lebih cepat.

MINI Roadster

Ada tiga gambaran untuk model yang satu ini, spontan, beratap tebuka, tak tertandingi. Model keenam mobil mewah asal Inggris kali ini hadir dalam wujud sebuah roadster kompak dengan mesin perkasa, teknologi sasis terkini, tuning khusus, dan mengusung berbagai fitur yang merupakan ciri khas MINI.

MINI Roadster adalah mobil mewah kecil dengan dua penumpang yang hadir dengan desain atap terbuka yang menggoda. Mobil ini juga mudah dikendarai, mesin bertenaga, sasis dengan teknologi terkini. Itu semua membuat MINI Roadster tampil mempesona dengan sosok sporty dan elegan di mata pengagumnya.

Atap soft-top klasik pada MINI Roadster dapat dibuka tutup dengan mudah, menghadirkan nikmatnya berkendara dengan udara terbuka. Untuk menjamin keselamatan penumpang, MINI Roadster dilengkapi dengan sepasang roll-over bars di belakang tempat duduk. Baik pada saat atap dibuka ataupun ditututp, tersedia ruang yang setara dengan volume 240 liter bagi pengemudi dan penumpang di sebelahnya.

MINI Roadster
Bahkan dengan adanya ruang yang lebih lega bagi penumpang, membuat mobil ini semakin praktis. MINI Roadster juga hadir dengan atap soft-top manual yang dapat dibuka-tutup spontan.

Sementara MINI Roadster mengusung mesin bensin 4 silinder segaris betkapasitas 1.6L, Twin scroll turbocharger, direct fuel injection, yang menuai tenaga 184 HP pada 5.500 rpm dan torsi 240 Nm pada 1.600 - 5.000 rpm (overboost 260Nm/1.700 - 4.500 rpm). Versi Roadster hanya membutuhkan waktu 7,2 detik untuk mencapai kecepatan dari 0-100 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 14,7 km per liter, dan emisi CO2 rata-rata 155 g/km.

Selain mesin bertenaga dan front-wheel drive khas MINI, ada juga sentuhan teknologi terkini pada sasis. Fitur sasis ini pas sekali dengan sosok MINI Roadster, sehingga menawarkan kenyamanan dan kenikmatan berkendara. Electric Power Steering dengan dukungan speed-sensitive power assistance merupakan fitur standar yang dicangkokkan pada kendaraan ini.

Selain itu, juga ada DSC (Dynamic Stability Control). Sedangkan Dynamic Traction Control (DTC) dengan Electronic Differential Lock Control (EDLC), yang bermanfaat memperkuat cengkeraman pada jalan licin dan fitur sport untuk melibas tikungan tajam, merupakan fitur opsional untuk semua model lain.

Beralih ke sisi dalam. Kemewahan MINI Roadster juga tampak pada tampilnya berbagai perangkat yang dibuat dengan material berkualitas. Itu mencakup AC, kaca spion elektrik, roda kemudi sporty berbalut bahan dari kulit dan dilengkapi tombol perseneling, Comfort Access, Park Distance Control, wind deflector, sistem loudspeaker HiFi Harman Kardon, USB connection, dan Bluetooth.

Tingkat kemewahan dan individualitas masih bisa terus ditambah dangan adanya sejumlah opsi menarik seperti MINI Visual Boost dengan layar LCD 6.5 inci berikut MINI Connected. Ingin merasakan menaiki sebuah 'go-kart' dengan nuansa kendaraan premium? Siapkan kocek Rp 649 juta untuk memboyong MINI Coupe dan banderol Rp. 679 juta untuk versi Roadster. (kpl/nzr/bun)









APA PENDAPAT ANDA ?
2013-12-13
detail