HOME » REVIEW » MITSUBISHI MIRAGE, HEMAT BUKANLAH SATU-SATUNYA PILIHAN

Mitsubishi Mirage, Hemat Bukanlah Satu-satunya Pilihan

Jum'at, 21 September 2012 16:15



Mitsubishi Mirage, Hemat Bukanlah Satu-satunya Pilihan
Mitsubishi Mirage (Foto: Nazar Ray)
Mobil Terkait : Mobil Mitsubishi Mirage Dijual

Otosia.com - Tak cuma dikenal sebagai merek yang hanya bermain pada segmen kendaraan niaga dan SUV (sport utility vehicle), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga mampu menghadirkan city car yang 'menggemaskan'.

Maklum, perkembangan pasar segmen mobil kecil kini kian menggoda. Pantas jika beberapa pabrikan menelorkan jagoan barunya di kelas city car dengan menawarkan harga yang kompetitif.

Lewat produk barunya, Mitsubishi memperkenalkan Mirage, hatchback mungil yang disuguhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang ekonomis dan handal, terutama untuk situasi perkotaan. Mitsubishi Mirage merupakan kendaraan city car hatchback yang memadukan konsep Eco, Easy & Fun to Drive juga Convenience.

Dengan tetap mengedepankan sebagai kendaraan yang 'Passion & Fashion' sebagai ciri khas kendaraan passenger car Mitsubishi, KTB mengklaim Mirage sangat cocok digunakan bagi mereka yang berkepribadian aktif dan dinamis dan tetap stylish dalam berkendara. Tidak hanya sebagai kendaraan yang kompak, Mirage memiliki nilai tambah yang optimal dengan fitur-fitur yang dimiliki.

Konsumsi bahan bakar Mirage terbantukan oleh nilai aerodinamis dengan Cd (Coefficient of drag/hambatan udara) sebesar 0.30, sehingga membuat efisien dalam penggunaan BBM saat harus melakukan perjalanan jauh. Penggunaan material High Tensile untuk body kendaraan, menjadikan bobot kendaraan yang ringan namun kuat.

Hal ini mempengaruhi untuk konsumsi BBM, performa berkendara lebih baik, performa lingkungan lebih baik dan ramah lingkungan. Maka jangan heran saat peluncurannya, Mirage mengambil tagline Mitsubishi 'The Urban Eco Drive'.

Mitsubishi Mirage memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 27,1 km/liter pada hasil pengetesan di Jepang dan pengujian di Thailand sanggup menempuh 21 km dengan hanya 1 liter bensin. Bagaimana dengan Indonesia dengan kondisi lalu lintas yang berbeda?

"Di Indonesia memang kita belum melakukan pengetesan, tapi kira-kira angkanya dari tidak jauh-jauh dari rentang pengetesan di Jepang dan Thailand," beber Intan Vidiasari, Head of Public Relation Office KTB.

Mitsubishi Mirage mengusung mesin baru MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Electronic) berkapasitas 1.2-liter 12 Valve 3 silinder DOHC. Dengan bekal dapur pacu tersebut, Mirage memiliki tenaga maksimum 77 PS pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm.

Mirage hadir dalam 3 varian, yakni Exceed, GLS dan GLX. Tipe Exceed dan GLX menggunakan transmisi INVEC III CVT, sedangkan GLX bertransmisi manual 5-percepatan. Mitsubishi Mirage Exceed CVT dijual Rp. 165 juta, Mirage GLS CVT dibanderoli Rp. 152 juta, dan varian termurah GLX 5 MT Rp. 139 juta.

Fun to Drive

Mitsubishi Mirage memberikan banyak kesenangan untuk pengemudi maupun penumpang. Dengan radius putar terkecil di kelasnya, yaitu 4,4 m membuat Mitsubishi Mirage sangat cocok dikendarai di perkotaan. Sangat mudah bermanuver di jalan padat dan sempit, sehingga berkendara menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Mitsubishi Mirage'Warna-warni' Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage dengan visibilitas mengemudi yang leluasa di mana kap mesin depan Mitsubishi Mirage didesain melandai, membantu menambah luas pandangan saat berkendara. Teknologi steering wheel pada Mitsubishi Mirage telah dilengkapi dengan Electronic Power Streering (EPS) dengan desain 3 spoke sehingga membuat pegangan kemudi lebih mantap.

Dengan EPS membantu meringankan tenaga dengan sistem motor listrik sehingga lebih mudah dikontrol pada saat harus memarkir mundur dalam kota dan mengubah berat stir sesuai kecepatan mobil.

Transmisi otomatis CVT INVECS III pada Mirage dilengkapi dengan sistem kunci perseneling (Shift Lock). Teknologi tersebut merupakan sistem kunci yang dapat mengubah ke mode N di saat sedang dalam posisi P. Untuk dapat mengubahnya, pengemudi harus menginjak rem terlebih dahulu sehingga lebih aman untuk digunakan.

Teknologi CVT pada Mirage juga memiliki Idle Neutral Control yang merupakan sistem pemotong kekuatan kerja dan trasmisi ke roda saat menginjak rem untuk mengurangi beban Torque Converter pada transmisi otomatis yang menjadikan mengemudi menjadi lebih nyaman.

Convenience

Dengan ruang kabin yang luas dan fitur mumpuni, Mirage menjanjikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Keyless Operating System (KOS) & One-Touch Start System (OSS) menjadi salah satu fitur unggulan yang ada dalam Mirage.

Kabin depan Mitsubishi MirageKabin depan Mitsubishi Mirage

KOS merupakan sistem kunci terintegrasi dengan kinerja yang diatur oleh Electronic Computer Unit (ECU) dan dapat difungsikan ketika kode yang tepat telah dikirimkan oleh transmitter dalam jarak 70 cm.

Melalui teknologi ini, buka tutup pintu dan bagasi maupun menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci manual dapat dilakukan, sehingga sangat praktis dan mudah.

Tombol Start/Stop button (khusus varian Exceed) yang dimiliki oleh Mirage membuat menghidupkan dan mematikan mesin menjadi lebih mudah. Mitsubishi Mirage juga dilengkapi dengan Multi Information Display (MID) yang memudahkan pengemudi dalam mengontrol kondisi kendaraan.

Fitur Keamanan

Mitsubishi Mirage dilengkapi dengan teknologi keamanan terdepan khas Mitsubishi, yaitu RISE (Reinforced Impact Safety Evolution), yang dapat mendistribusikan kekuatan ke bagian bawah struktur saat terjadi kecelakaan atau benturan sehingga dapat mengurangi kerusakan kabin penumpang.

Airbag/Sabuk pengaman dengan tipe ELR (Electronic Locking Reactor) serta sabuk pengaman pada pengemudi menggunakan sistem pretensioner, yang akan menarik kembali secara otomatis saat terjadi benturan dari arah depan guna mengurangi cedera pada bagian dada.

Mirage menawarkan 7 warna pilihan, yakni hitam, hijau, putih, silver, abu-abu, kuning, dan merah.(kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-10-10
detail