HOME » REVIEW » NUANSA LOKAL ALA PROTON EXORA STAR 2012

Nuansa Lokal Ala Proton Exora Star 2012

Jum'at, 27 Januari 2012 18:15



Nuansa Lokal Ala Proton Exora Star 2012
Peluncuran Proton Exora Star 2012 (Foto: Nazar Ray)

Otosia.com - Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pasar kendaraan roda empat periode 2012 tetap akan dikuasai jenis multi purpose vehicle (MPV). Gemuknya segmen ini memancing pabrikan untuk berlomba-lomba meluncurkan MPV atau kendaraan keluarga tahun ini. Tak terkecuali produsen negeri tetangga, Malaysia, yang langsung mencuri start di awal tahun ini dengan menelorkan Proton Exora Star dalam 3 varian sekaligus.

Varian yang dikeluarkan adalah Proton Exora Star Automatic, Proton Exora Star Executive dan Proton Exora Star Supreme dengan 2 pilihan tipe transmisi manual dan otomatis. Secara keseluruhan, tampilannya kini lebih manis dan dinamis, serta elegan.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, maka kali ini, guna memikat pasar Indonesia, varian terbaru Poton Exora Star menggunakan aksesoris produksi Indonesia. Mobil keluarga berkapasitas 1.600 cc ini diimpor CBU langsung dari Malaysia, namun aksesori dan equipment berasal dari Indonesia.

Proton Exora Star adalah varian terbawah dan pertama kali diperkenalkan di PRJ 2011, tapi di tahun 2012 tampilannya berbeda. Eksteriornya dilengkapi door visor, side body molding, tint glass, dan mark top variant. Interiornya tak banyak berubah, fitur tersedia seperti fabric seat cover, head unit 2 DIN (USB, Bluetooth, CD).

Exora Star menawarkan dua pilihan, transmisi manual yang dibanderoli harga Rp 154 juta dan otomatis dijual Rp 165 juta.

Sedangkan Exora Star Executive, tak ketinggalan memasang beberapa aksesori lokal, seperti terlihat di bagian dalam. Misalnya head unit 2 DIN (USB, Bluetooth, DVD), jok semi kulit, alloy wheel, rear parking sensor, rear garnish body color, pillar B & C black colour, outside mirror cover, fog lamps, dan rear spoiler + HMSL (High Mount Stop Lamp).

Model menengah dari Exora Star ini dijual Rp 168 juta untuk transmisi manual dan matic seharga Rp 179 juta.

Sementara varian tertinggi, Star Supreme, interiornya terpasang head unit 2 DIN (USB, Bluetooth, DVD & GPS Monitor Roof Mounted), dan semua kursinya berbalut kulit. Di sektor eksterior, untuk memudahkan pengemudi parkir, diberi peranti rear parking camera, rear garnish crome, door handle crome, bodykit front, rear and side serta rear spoiler + HMSL (High Mount Stop Lamp).

Harga yang ditawarkan untuk Star Supreme bertransmisi otomatis adalah Rp 199 juta, dan versi manual dijual Rp 188 juta.

Semua harga ketiga varian Exora Star yang tercantum dia atas adalah on the road Jakarta. Exora Star tersedia dalam 3 warna pilihan, yakni Tranquility Black, Genetic Silver dan Solid White.

Berikut spesifikasi Proton Exora Star 2012:

(kpl/nzr/bun)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-10-10
detail