HOME » REVIEW » TOYOTA GRAND NEW FORTUNER VNT, FUN TO DRIVE

Toyota Grand New Fortuner VNT, Fun to Drive

Senin, 20 Agustus 2012 11:34



Toyota Grand New Fortuner VNT, Fun to Drive
New Toyota Fortuner VNT
Mobil Terkait : Mobil Toyota Fortuner Dijual

Otosia.com - Toyota Grand New Fortuner VNT Turbo baru diluncurkan dengan dilengkapi teknologi mesin diesel baru. Dengan nama brand yang tersohor akan memancing mata publik untuk memahami bahwa mesin diesel turbo sedang tren.

Terlebih lagi, mesin turbo dengan teknologi VNT yang pada akhirnya mendefinisi ulang arti 'Fun to Drive" bagi sebuah kendaraan. Toyota Fortuner VNT ini berdimensi panjang 4.695 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.850 mm plus jarak poros roda 2.750 mm.

Namun lebih dari sekadar nyaman, ada rasa percaya diri yang timbul saat mengendarai berkat hadirnya air scoop di kap mesinnya. Sudah sejak lama, mobil yang memiliki air scoop pada kap mesin identitas dengan mobil sport, atau juga lebih terkesan sporty.

Air scoop itu sendiri jelas punya fungsi sebagai pendukung dalam mendinginkan perangkat intercooler. New Toyota Fortuner VNT menggunakan mesin 2KD-FTV 2.5 liter D-4D Common Rail VNTurbo (VNT) plus Intercooler.

Toyota Thailand sebagai pengembang mesin ini sebenarnya juga menyematkan teknologi VNT pada pick-up Toyota Hilux. Tetapi akhirnya juga teknologi ini digunakan pada Fortuner, sebab mobil ini lebih akrab dengan publik sebagai mobil penumpang.

Dengan menggunakan VNT tenaga naik sampai 41 persen menjadi 144 hp dari sebelumnya 102 hp. Torsi juga naik dari 260 Nm menjadi 343 Nm atau dengan kata lain naik 32 persen.

Turbo pada dasarnya memaksakan udara masuk ke ruang bakar dari tekanan gas buang ke turbin. Untuk teknologi VNT ini memungkinkan baling-baling turbin yang didorong oleh gas buang mengalami perubahan sudut atau posisi sesuai dengan putaran mesin.

Dengan demikian, VNT tidak menimbulkan apa yang disebut dengan 'turbo lag'. Kasus ini terjadi ketika tekanan gas buang kurang kuat untuk mendorong baling-baling turbin.

Tenaga disalurkan melalui sistem transmisi otomatis 4 percepatan Shift gate type atau manual 5 percepatan. Untuk kenyamanan New Fortuner VNT gunakan suspensi double wishbone per keong dengan stabilizer (depan) serta 4 link dengan lateral rod dan per keong (belakang). Sementara sistem rem ABS pada bagian depan dengan cakram berventilasi dan belakang leading- trailling drum.

Lampu depannya untuk versi TRD menggunakan proyektor, juga lampu sein di fender. Sementara lampu belakang New design 3D look (untuk non-TRD), sedangkan versi TRD dengan Multireflector.

Untuk TRD, pemasangan emblem 'TRD Sportivo' pun terpampang di body. Untuk kesan sporty juga dilengkapi dengan side skirt dan rear bumper spoiler. Tak ketinggalan, adanya spion tanduk di bagian hidung.

Masuk ke kabin, setir non-TRD menggunakan desain baru dengan ornamen black wood grain, sementara versi TRD-nya terdiri dari 4 palang berbahan kulit dengan steering switch. Adapun versi TRD otomatis menggunakan sistem elektrik untuk menggeser kursi ke depan-belakang.

Untuk melengkapi aksen sporty di ruang interior, bahan serat karbon juga dipergunakan. Penggunaan bahan ini terlihat di dashboard yang mengelilingi head unit dan AC. Selain itu bahan ini juga dipergunakan pada shift knop transmisi.

Multi Information Display disandingkan dengan cup holder yang bisa dilipat kala tidak digunakan. Untuk urusan mundur, pengendara pun akan dikawal dengan sensor empat titik.

Toyota Grand New Fortuner ini dilepas sedikit lebih mahal Rp 10 juta dari model sebelumnya dengan empat varian pilihan. Untuk model G (transmisi manual) Rp 387 juta, V (otomatis) Rp 397 juta, TRD Sportivo (manual) Rp 411,9 juta dan TRD Sportivo (otomatis) Rp 421,9 juta. Pilihan warnanya terdiri dari Silky Gold Mica Metallic, Silver Metallic, Black Mica, Dark Grey Mica Metallic, Dark Steel Mica, dan Super White II.(kpl/why/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-11-24
detail