HOME » TIPS » JANGAN BIASAKAN TANGKI BENSIN TERISI SETENGAH

Jangan Biasakan Tangki Bensin Terisi Setengah

Sabtu, 04 Agustus 2012 10:06



Jangan Biasakan Tangki Bensin Terisi Setengah
Ilustrasi Indikator Meter Bahan Bakar

Otosia.com - Tangki bahan bakar suatu kendaraan memiliki peranan penting bagi suatu kendaraan. Tapi banyak pengguna kendaraan menyepelekan hingga bagian dalam tangki berkarat. Anda harus ingat musuh terberat logam adalah karat.

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan mengisi bahan bakar hanya setengah dari ukuran penuh. Ada pula yang memiliki kebiasaan mengisi bahan bakar dari kondisi indikator menunjukkan garis akhir atau E (Empty). Perilaku ini memang tidak ada salahnya, jika pemakaian terjadi saat melakukan perjalanan jauh.

Tapi apabila pencapaian batas akhir garis satu minggu sekali Anda harus berhati-hati. Karena kebiasaan ini akan sama pada Anda yang suka mengisi BBM hingga setengah kapasitas tangki. Risiko karat pada bagian dalam tangki akan menjadi sangat besar.

Karat pada tangki bahan bakar terjadi karena embun yang dihasilkan oleh tekanan gas bahan bakar. Jadi hal ini yang harusnya sebisa mungkin kita hindari. Apalagi kendaraan dengan kondisi bahan bakar setengah dari kapasitas dan diparkir di bawah terik matahari. Dan hal ini akan sangat cepat membuat proses karat pada tangki kendaraan.

Hal seperti ini juga jangan dilakukan bagi Anda yang hendak mudik tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan kendaraan yang Anda tinggal dalam kondisi tangki penuh dan berada di dalam garasi. Sikap ini akan menghindarkan tangki bahan bakar terserang karat pada saat Anda tinggal mudik beberapa hari.

Sedang untuk penggunaan kendaraan sehari-hari, biasakan 1 minggu sekali tangki bahan bakar terisi penuh. Apalagi situasi dan cuaca yang Anda hadapi setiap hari berbeda-beda. Jika kondisi tangki hanya terisi setengah usahakan mencari area parkir yang lebih teduh.(kpl/vin)








APA PENDAPAT ANDA ?

2014-10-10
detail